Jumat, 20 Juli 2012

Two In One: Iman dan Amal Sholeh Dalam Diri Seorang Mukmin

Dalam Al-Qur’an begitu banyak disebutkan kata-kata orang yang beriman dan beramal sholeh dalam satu paket;seperti dalam surah Al-Baqarah: 82, At-Tin: 6, Al-‘Asr:3.

Orang yang beriman adalah orang yang meyakini rukun iman yang enam. Sedangkan amal sholeh artinya mengerjakan kebaikan yang bukan hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, namun juga bermanfaat bagi orang lain.Iman dan amal sholeh memiliki korelasi yang sangat erat. Iman  seseoranglah yagn mendorong ia beramal sholeh, sebaliknya, amal sholeh tanpa iman akan sia-sia ibarat menampung air namun jari-jari tangan dibuka.Dengan kata lain, amal sholeh merupakan “manifestasi’ dari iman seseorang.

Seseorang yang mengaku beriman dan sholat 5 kali sehari semalam, berpuasa, berzakat, bahkan berhaji, namun apa yang terjadi dilingkungan sekitarnya ia menutup mata. Atau juga seorang yang mengaku beriman kepada Allah dan hari akhir namun melakukan penyelewengan uang negara alias melakukan korupsi.Ini menunjukkan bahwasanya ia baru sebatas pada tingkat seorang muslim bukan pada level seorang mukmin. Sebab bila ia seorang mukmin, ia tidak akan melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Ia yakin Allah melihatnya.

Secara tegas Allah mengatakan pada surah Al-Baqarah ayat 82: “Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya”.

Semoga Allah memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang bukan hanya beriman namun juga selalu berbuat kebaikan, terutama bagi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar