Kamis, 28 Februari 2013

MANISAN ARAB,ANEKA JENIS, MACAM DAN RESEPNYA




www.dianovaanwar.blogspot.com Bila di Indonesia dan India risol dan pastel disajikan dalam bentuk gorengan,maka di negara-negara Arab,khususnya di Saudi Arabia ini, risol dan pastel ‘disulap’ menjadi manisan dengan berisi keju putih yang lembut di dalamnya.Ehm…. nyami….gimana rasanya ya?Tentu sensasi berbeda akan terasa ketika manisan-manisan tsb ‘mendarat’ di ujung lidah.    Ragam manisan Arab lebih bervariasi daripada ragam manisan India,hal ini dilatarbelakangi oleh berpadunya aneka macam manisan dari berbagai negara Arab dan pengaruh dari adanya orang-orang India yang bekerja atau menetap di negara-negara Arab plus pengaruh dari negara Turki yang sangat berdekatan dengan sebagian negara Arab seperti Syria.Berikut adalah beberapa manisan ala Arab:
 
1. Kanâfah
 
Kanâfah adalah sejenis pastry keju Arab tradisional yang disiram dengan sirup manis seperti masakan-masakan di Mediterrania timur.Ini adalah salah satu manisan favorit penulis, memakan kanâfah tidak akan merasa bosan,mau lagi dan lagi.Manisan ini dibuat dengan memanaskan pastry dengan mentega atau dengan margarine atau minyak kelapa sawit, kemudian oles atasannya dengan keju putih yang lembut,seperti keju Nabulsi, lalu toppingnya dengan pastry lagi.  
 
Untuk pembuatan kanâfah khisynah, pastry dibentuk bulat dengan keju menjadi isiannya.Sirup gula yang kental,air,dan beberapa tetes air bunga mawar atau air mekar orange dituangkan ke atas pastry pada menit-menit terakhir pemasakan.Namun terkadang dapat digantikan dengan pewarna buatan yang berwarna orange.Sebagai toppingnya dapat ditaburi dengan buah kenari hijau sebagai hiasan.
 
2. Halâwah atau Halwa
 
Manisan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras,mentega, kacang-kacangan dan gula.Halâwah yang artinya manisan,bukan hanya terdapat di timur tengah,namun juga dapat dijumpai di negara-negara lain,seperti negara-negara Asia Selatan,Asia Tengah,Afrika Utara,Balkan dan Eropa Timur.
 
 
 
 
3. Luqmat al-Qâdhi    
 
Bila anda telah membaca entri ragam manisan India,maka secara sekilas anda akan mendapati kemiripan antara gulab jamun,manisan asal India dengan Luqmat al-Qâdhi ini.Jenis manisan ini merupakan pastry adonan yang digoreng kemudian disiram dengan ‘kuah’ sirup gula atau madu atau kayu manis, dan terkadang ditaburi dengan wijen.
 
 
 
 
 
 
 
4. Qathâyif
 
Nah….ini dia jenis manisan yang penulis katakan pastel berisi keju putih lembut atau cream.Jika di Indonesia disebut dengan pastel dan di India dinamakan dengan Samosa, dan cara memasaknya pun sama, yakni sama-sama digoreng dan diisi dengan daging dan sayuran, namun disini hanya bentuknya (sarangnya) yang sama,isi dan rasanya berbeda.Jenis manisan ini adalah kuliner pencuci mulut khusus di bulan Ramadhan,akan tetapi di luar Ramadhan pun kita dapat menikmatinya.
 
Qathâyif dibuat dari adonan manis yang diisi dengan cream atau keju putih lembut atau kacang-kacangan.Seperti umumnya manisan-manisan Arab yang lain, qathâyif dapat dibeli di toko-toko pastry dan juga dapat dibuat sendiri di rumah karena pembuatannya yang sangat mudah.
 
5. Basbûsah
 
Basbûsah adalah sejenis manisan Arab yang dibuat dari bahan dasar tepung beras Semolina atau cream gandum dan disiram dengan sirup yang simple,baik dari air mawar maupun bunga orange. Adonan semolina dicampur dengan telur,mentega atau minyak jagung,gula, cream, susu,baking powder,vanilla,dan pada toppingnya ditabur almond. Sirup gula panas dituang ke atas cake yang panas.Di Jordan, Alexandria (Mesir) dan Maroko manisan ini dikenal dengan sebutan Harîsah, sedangkan di Kuwait disebut dengan Pastusyah.
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
                                                                     
 
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar