Sabtu, 30 Juni 2012

Tips-tips Merawat Tanaman dan Bunga di Pekarangan


 Jika halaman terbatas, gunakan pot untuk menanan tanaman, baik pot yang biasa maupun pot gantung.· Isi pot dengan tanah gembur,dengan komposisi tanah humus 1/3 dan sisanya tanah biasa, sebab biasanya tanah humus lebih mahal daripada tanah biasa, campur keduanya.
 
· Untuk tanaman berupa bunga-bungaan,seperti bunga ros, kertas,kemboja,dsb sangat dianjurkan untuk diberi pupuk, baik berupa tanah humus yang lebih diperbanyak maupun pupuk kimia yang dibaurkan dengan tanah; jika sudah terlanjur ditanam, taburkan pupuk buatan sedikit saja diatas permukaan tanah, dengan begitu tanaman cepat berbunga.
 
 · Pergantian tanah sangat baik dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Bukan berarti mengganti tanah secara keseluruhan, namun mencampur tanah yang lama dengan yang baru, sehingga tekstur tanah menjadi gembur kembali. Untuk itu diperlukan pembongkaran tanah dan tanaman, sekalian memilah dan membagi tananman yang telah beranak pinak.
 
· Pemberian pupuk humus dan penyemprotan anti serangga sangat baik diberikan sekurang-kurangnya sebulan sekali.
 
· Jangan menaburkan pupuk kima terlampau banyak ke atas tanaman,akan menyebabkan tekstur tanah cepat kering dan mengeras,dan ini tidak baik untuk tanaman.
 
· Guntinglah bunga yang telah layu, sehingga kuntum yang baru segera tumbuh.
 
· Siram tanam-tanaman secara teratur, pada pagi hari atau sore hari, jangan menyiram tanaman di siang hari yang sangat terik.
 
· Letakkan tanaman sesuai dengan sifatnya, seperti bunga ros dan bunga kertas sangat baik mendapatkan paparan matahari secara langsung,sedangkan bunga yang tidak bisa mendapatkan cahaya matahari langsung seperti tanaman supplier diletakkan di tempat yang teduh.
 
· Variasikan letak-letak bunga sehingga menarik untuk dipandang, usahakan tiga bulan sekali menanam jenis tanaman baru atau memindahkan letak tanaman,sehingga terasa fresh di mata dan berbeda daripada sebelumnya.Demikianlah uraian Tips-tips Merawat Tanaman dan Bunga di Pekarangan dari www.dianovaanwar.blogspot.com semoga bermanfaat.
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar