Jumat, 24 Agustus 2012

Chandni Chowk, Salah Satu Pusat Grosir Terbesar di India

Written By: Dr.Dianova Anwar



www.dianovaanwar.blogspot.com Jika anda pernah menyaksikan film Kabhi Kushi Kabhie Gham, anda akan melihat tempat dimana Anjali yang diperankan oleh Kajol bertempat tinggal dengan adik dan ayahnya,dan ditempat ini pula Shah Rukh Khan pertama kali melihatnya ketika ia menari di suatu perayaan di jalan.Tempat ini dikenal dengan sebutan Chandni Chowk.

Chandni Chowk berasal dari bahasa Urdu;Chandni yang berarti Terang Bulan,dan Chowk yang berarti Persegi atau pasar.Nama ini disematkan,sebab pada awalnya pasar ini dibagi-bagi oleh kanal-kanal yang memantulkan cahaya bulan pada air kanal-kanal tersebut.Namun sekarang tidak akan didapati lagi kanal disana,sudah ditutup,meskipun begitu, pasar ini menjadi salah satu pusat grosir yang terbesar di India.

Chandni Chowk adalah sebuah pasar tua di Old Delhi (Delhi Lama) yang telah berusia lebih dari 3 abad.Dimana pasar ini dibangun pada masa pemerintahan Shah Jahan (1627-1658 M), sedangkan desainnya dirancang oleh putrinya sendiri yang bernama Jahanara Begum.Pasar ini pada masa itu berfungsi sebagai pasar di masa kerajaan Islam Mughal, India.Letaknya yang berlawanan dengan Red Fort (Lal Qila) dimana istana Shah Jahan berada di dalamnya, sedangkan bila anda hendak ke Jama’ Mesjid dari Chandni Chowk ini sangatlah dekat, hanya sekitar 5-10 rupees dengan reksha(becak).
(Foto kiri:Chandni Chowk di tahun 1858)
 
Di Chandni Chowk,anda akan mendapati segala jenis barang dan jasa.Mulai dari pakaian tradisional India,pakaian modern,aksesoris,perunggu-perunggu,segala jenis manisan India,spices,stainless, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan sekolah, sampai penjualan helm dan spare parts kendaraan, semuanya ada di sini. Di dapati juga berbagai restauran dengan beraneka jenis makanan India,money changer,biro-biro travel,taxi dsb.
Harga barang-barang disini benar-benar sangat murah, sebab harga grosir,malahan banyak para pedagang dari New Delhi membeli barang dari pasar ini.Hanya saja,bila anda hendak ke mari,ongkos bajajnya,bila anda bepergian dengan bajaj, sekitar 50-70 rupees one way,karena agak jauh dari New Delhi. Disarankan, lebih baik sekalian berjalan-jalan ke Red Fort dan Jama’ Mesjid, jadi ongkosnya terimpaskan. Meskipun kios-kios dan toko-toko di Chandni Chowk adalah bangunan lama,namun menelusuri jalanan di Chandni Chowk dengan reksha di sepanjang sisi jalan yang dipenuhi oleh kios-kios pakaian tradisional India,menjadi pengalaman tersendiri yang sulit dilupakan.Chandni Chowk di hari ini bukan hanya ditempati oleh mayoritas Muslim,namun juga oleh orang-orang India yang beragama Hindu.Pasar tua ini merupakan bukti dan saksi bisu akan kejayaan Islam Mughal di India dimasa lampau. Demikianlah uraian tentang Chandni Chowk, Jantung Perekonomian di Old Delhi,dari www.dianovaanwar.blogsp[ot.com semoga bermanfaat.
 
View Chandni Chowk dari Jalan Utama
 
 
Salah satu stall spices di Chandni Chowk
 
 
Menelusuri jalanan dengan 'reksha' atau becak di Chandni Chowk
 
 
Minum 'Chai' atau Teh India di Chandni Chowk
 
 
Salah satu toko sari di Chandni Chowk
 
 
Ye larka kon? 'siapa pria ini?',Tiduur pulaas di atas gerobak barang,Chandni Chowk di zaman tempo doeloe
 
 
Salah satu adegan film Kabhi Kushi Kabhie Gham,yang salah satu tempat shootingnya di Chandni Chowk


 
 
 
 
 
 
 
 






 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar