Jumat, 24 Agustus 2012

Ternyata Asal Nil Biru dan Nil Putih dari 2 Negara yang Berbeda!

Air Terjun Nil Biru (Tis Issat) di Danau Tana,Ethiopia

www.dianovaanwar.blogspot.com Sungai nil adalah sebuah sungai yang terdapat di benua Afrika, yang terbentuk dari pertemuan dua anak sungai,yaitu Nil Biru dan Nil putih yang bertemu di Khartoum,Sudan, mengalir ke Mesir,kemudian ke Laut Mediterrania di Alexandria,Mesir.Namun ternyata, asal atau sumber kedua Nil ini bukanlah berasal dari Sudan,akan tetapi dari 2 negara lain yang berbeda.
 
Nil Biru atau an-Nil al-Azraq ternyata aslinya bersumber dari Air Terjun Nil Biru yang bernama Tis Issat di Ethiopia,yang mengalir ke Danau Tana, Ethiopia kemudian mengalir ke arah barat laut Sudan. Menurut Badan Perwakilan Statistik Pusat Ethiopia,panjang sungai nil biru adalah 1,450 km yang mana 800 km nya berada di dalam negara Ethiopia.Tis Issat sendiri telah menjadi salah satu objek wisata di Ethiopia. Sungai nil biru ini beraliran deras,sekitar 80km/jam dan rasa air sungai nil adalah manis atau tawar,sehingga dapat diminum.
 (Gbr.kanan:Peta jalannya aliran Nil Biru)
 
Adapun Nil Putih atau an-Nil Abyadh bersumber dari Danau Victoria di Uganda, salah satu danau yang terbesar di benua Afrika.Danau ini diberi nama Victoria diambil dari nama Ratu Victoria Inggris,oleh John Hanning Speke,orang Eropa pertama yang menemukan danau ini. Sampainya aliran nil putih ke Khartoum adalah melewati Juba,ibukota negara Sudan Selatan (yang sekarang sudah melepaskan diri dari negara Sudan) kemudian mengalir ke Khartoum,ibukota negara Sudan.Air nil putih berasa asin,dan alirannya lambat,tidak deras. Dari sungai inilah diperoleh ikan-ikan yang berasa asin. (Gbr.Atas:Danau Victoria,Uganda)

Dengan adanya aliran sungai nil biru dan nil putih di Sudan,membuat rakyat Sudan bukan hanya dapat menikmati ikan sebagai lauk mereka, namun juga dapat menikmati sumber air untuk diminum.Sewaktu saya di Sudan, air sungai nil biru,rasanya seperti air mineral bahkan airnya sejuk dan lebih bersih.Hanya satu kata yang terucap,"Subhanallah!" Maha Suci Engkau ya Allah. Demikianlah uraian tentang Menelusuri Sumber Nil Biru dan Nil Putih dari www.dianovaanwar.blogpsot.com semoga bermanfaat menambah wawasan anda.
 
 
 
 
(Gbr.Kiri: Peta Aliran Nil Putih)


 
 
 
 
 
 
 
 Pertemuan Nil Biru dan Nil Putih di Khartoum,Sudan
 
 
 
 
 Jembatan di atas Nil Biru,Ethiopia,selesai dibangun pada tahun 2009


Jembatan di atas Nil Putih di Juba,negara Sudan Selatan,dari sini mengalir ke Khartoum,Sudan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar