Jumat, 10 Agustus 2012

Inilah 6 Jenis Buah Yang Disebutkan Allah di Dalam Al-Qur’an


www.dianovaanwar.blogspot.comAl-Qur’an adalah pedoman hidup bagi umat manusia, yang di dalamnya terdapat tauhid (aqidah), hukum, kisah-kisah, akhlaq,ilmu pengetahuan,janji baik(syurga) dan peringatan(neraka).Di antara ‘lahan’ ilmu pengetahuan yang disebutkan dalam Al-Qur’an adalah berupa buah-buahan.Secara tersurat kita memahami ayat-ayat yang menyebutkan buah-buahan ini adalah untuk dinikmati, bukan saja di dunia ini, bahkan beberapa buah adalah buah yang terdapat di syurga.Namun secara tersirat kita ‘seolah-olah diperintahkan’untuk meneliti apa manfaat ke 6 jenis buah-buahan tersebut.Mengapa hanya ke 6 jenis buah ini yang disebutkan Allah? Setelah diteliti, ternyata ke 6 jenis buah tersebut memiliki manfaat yang luar biasa dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Untuk lebih jelasnya,berikut akan diuraikan ke 6 jenis buah-buahan tersebut secara satu persatu.
 
1.Kurma
 
Kata tamr atau kurma banyak kita jumpai di dalam Al-Qur’an, diantaranya pada QS.Maryam, ayat 23 dan 25:“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu” (QS.Maryam: 25). 
 
Kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah mengandung potasium yang tinggi yang dapat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah,sehingga dapat mencegah darah tinggi dan stroke. Selain itu kurma juga mengandung berbagai mineral yang dapat mengoptimalkan kandungan elektrolit dalam cairan tubuh serta menambah tenaga, sehingga sangat baik bila dikonsumsi bagi orang yang berpuasa.Kurma juga dapat menurunkan kadar kolestrol,anti diare,anti radang tenggorokan dan flu,meningatkan trombosit pada penderita demam berdarah,mencegah anemia dan lesu darah,kandungan vitamin A nya sangat baik untuk mata dan berguna bagi ibu-ibu yang berumah tangga maupun untuk ibu hamil,nifas dan menyusukan (lih.entri: Aneka Khasiat dan Manfaat Kurma).   
 
Kurma adalah salah satu buah yang terdapat di syurga, hal ini dijelaskan Allah dalam surah Ar-Rahmaan ayat 68 yang berbunyi,"Di dalam kedua syurga itu ada buah-buahan,kurma dan delima (QS.55:68).Ayat-ayat yang lain di dalam Al-Qur’an yang juga menyebutkan buah kurma ini diantaranya adalah: QS.2: 266, QS.16:11&67, QS.6:141 dan QS.26:148
 
2.Anggur
 
Buah ini banyak sekali kita dapati dalam Al-Qur’an berdampingan dengan buah kurma. Meskipun begitu ada beberapa ayat dimana hanya anggur sendiri yang disebutkan. Untuk ayat yang menyebutkan anggur beriringan dengan buah kurma adalah pada Al-Qur’an Surah Ar-Ra’d:4:“Dan di bumi terdapat bagian-bagian yang berdampingan, kebun-kebun anggur,tanaman-tanaman, pohon kurma yang bercabang, dan tidak bercabang; disirami dengan air yang sama, tetapi Kami lebihkan tanaman yang satu dari yang lainnya dalam hal rasanya. Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti” (QS.13:4).
 
Penyebutan anggur dan kurma kita dapati juga pada surah-surah lain, diantaranya adalah: QS.18:32, QS.36:34, QS.23:19 dan QS.20:71.Anggur adalah salah satu buah yang juga terdapat di syurga, hal ini disebutkan Allah dalam QS.An-Naba’:31-32: ”Sesungguhnyan orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan, yaitu kebun-kebun dan buah anggur”. Pada ayat ini anggur tidak disebutkan berdampingan dengan kurma atau buah lainnya.
 
Anggur mengandung zat besi dan gula yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi darah, bermanfaat bagi para penderita lever,berguna untuk ginjal serta pencernaan.Anggur merangsang berfungsinya ginjal dengan mengeluarkan air yang berlebihan dari tubuh lewat urine, dengan demikian anggur juga menurunkan tekanan darah.Selain itu, anggur juga berkhasiat untuk obat bronchitis,batuk,menguatkan jantung dan sangat baik untuk kulit.
 
3.Delima
 
Sama halnya dengan kurma, buah delima atau ar-Rummaan juga merupakan buah yang ada di syurga (QS.55:68), buah ini juga mengandung potassium yang sangat tinggi.Selain itu delima juga mengandung kalsium,fosfor,sodium,besi,vitamin A,vitamin B1, B2,B3 dan C. Zat besi yang ada pada delima sangat bermanfaat bagi orang yang menderita amenia.Delima juga memelihara kadar keseimbangan potassium-sodium, sehingga ia sangat bermanfaat untuk merangsang otot dan syaraf.Selain itu, delima juga dapat mengurangi kadar gula yang terdapat di dalam darah.
 
Penyebutan buah delima di dalam Al-Qur’an, didapati juga pada QS.Al-An’am:141 berikut: “Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya,zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (QS.6:141). Pada surah yang sama di ayat 99 juga didapati kata-kata delima ini.
 
4.Pisang
 
Ternyata,pisang,si buah anti stress ini (lih.entri:Stress?? Makan Pisang….!!) adalah salah satu buah yang ada di syurga,Subhanallah…! Nggak nyangka ya. Apa apa sama nikmatnya dengan buah pisang yang ada di dunia ini? Wallahu A’lam, karena penulis dan anda kan sama-sama belum pernah masuk ke dalam syurga, jadi gimana tahu? Kata-kata pisang terdapat dalam satu Surah dalam Al-Qur’an yaitu Surah Al-Waaqi’ah ayat 27-30: “Dan golongan kanan,alangkah mulianya golongan kanan itu.(Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri,dan pohon pisang yang bersusun-susun(buahnya) dan naungan yang terbentang luas” (QS.56:27-30)
 
5.Tîn
 
Buah Tîn disebutkan Allah dalam QS.At-Tîn ayat 1:”Demi buah tîn”.        
 
Buah tin adalah buah yang banyak hidup di daerah Syam atau Damaskus (Syria).Buah ini mengandung omega 3 dan omega 6, yaitu sejenis lemak yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah tin dapat menghalangi karsinogen penyebab penyakit kanker, sehingga buah tin adalah buah anti kanker. Buah tin juga mengandung kadar lemak rendah, sodium rendah bebas kolestrol, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi orang-orang penderita penyakit diabetes atau gula.Selain itu tin juga sangat bermanfaat bagi penderita penyakit asma.
 
6.Zaitun
 
Kata zaitun di dalam Al-Qur’an bukan hanya terdapat pada Surah At-Tîn ayat 2, namun juga diantaranya terdapat pada QS.80:29, QS.23:20 dan QS.16:11    Khasiat zaitun sangat banyak sekali, mulai dari daunnya,buahnya bahkan minyaknya (Lih.entri :Aneka Khasiat Daun,Buah dan Minyak Zaitun).Diantara manfaat zaitun adalah menghaluskan kulit,anti jerawat,mencerahkan kulit,mencegah obesitas dan Osteoporosis karena minyak zaitun bebas lemak,mencegah penuaan dini,mengikis kolestrol,dsb.
Di antara 6 buah di atas, dalam Al-Qur’an Surah Al-An’am:99 kita akan mendapati penyebutan nama 4 buah secara sekaligus di dalam satu ayat, yaitu: buah kurma,anggur,zaitun dan delima.Demikianlah uraian tentang 6 jenis buah yang disebutkan Allah di dalam Al-Qur’an dari www.dianovaanwar.blogspot.com semoga bermanfaat bagi khazanah anda.
 
 
 
 
 



 




 

 

 

 
 


 

 

 


 

 


 



 

 

 


 

 











 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar