Sabtu, 11 Agustus 2012

‘Mengidentifikasi’ Ikan Bermekuri

www.dianovaanwar.blogspot.com Ikan memiliki kandungan omega-3 dan protein yang tinggi, bahkan lebih tinggi daripada protein yang terdapat pada daging merah. Namun kekhawatiran sering muncul,sebab kebanyakan ikan yang beredar di pasar dan swalayan umumnya adalah ikan yang mengandung merkuri tinggi. Hal ini disebabkan pembekuan yang dibuat oleh para nelayan yang menghendaki ikan tetap terlihat segar sampai ke pasaran.   Sebelum kita mengidentifikasi ikan bermekuri, ada baiknya kita mengenal ikan yang segar.
 
Ciri-ciri ikan yang segar adalah:
 
-Bermata bening dan sedikit menggembung
-Daging berwarna mengkilap
-Terlihat lembab
-Tidak berbintik-bintik hitam
-Beraroma segar, tidak berbau asam atau ammonia
 
Sedangkan ciri-ciri ikan yang bermekuri adalah:
-Beraroma asam atau amonia
-Bentuknya sudah tidak sempurna
-Ikan menunjukkan tanda-tanda kristal es, artinya ikan sudah melalui proses pembekuan cair kemudian dibekukan kembali; atau ikan telah lama disimpan .
 
Selain itu kita juga harus mengetahui jenis-jenis ikan yang memang berkontaminan tinggi terhadap merkuri; dengan begitu kita bisa mengurangi kekerapan atau keseringan mengkonsumsinya.
 
· Ikan bermekuri tinggi; terdapat pada ikan-ikan yang berukuran besar, seperti: ikan todak, ikan mackerel,dan ikan hiu. Jika anda memang kepingin mengkonsumsinya, makanlah hanya beberapa kali dalam sebulan
 
· Ikan bermekuri sedang; terdapat pada ikan lele,ikan kerapu,ikan tuna dan ikan bersirip kuning. Anda bisa mengkonsumsinya hanya 1x atau 2x dalam seminggu
 
· Ikan bermekuri rendah; seperti ikan nila dan ikan salmon liar Alaska. Jenis ikan ini aman anda konsumsi untuk menu sehari-hari Anda juga dapat menyiasatinya dengan mengkonsumsi 2 jenis ikan yang berbeda di dalam seminggu. Bakteri merkuri ada secara alami di lingkungan air, dan dinamakan methylmercury. Meskipun manfaat omega-3 ikan lebih tinggi daripada resiko merkuri, namun merkuri dapat membahayakan janin atau anak-anak.Demikianlah uraian tentang mengidentifikasi ikan bermekuri dari www.dianovaanwar.blogspot.com semoga bermanfaat!
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar