Selasa, 11 September 2012

Surau Syekh Burhanuddin


Written By: Dr.Dianova Anwar
. www.dianovaanwar.blogspot.com Di Sumatera Barat, surau tidak hanya digunakan sebagai tempat sholat,tetapi juga sebagai tempat berkumpul para pemuda yang menuntut ilmu agama Islam setelah sholat, serta terkadang mereka bermalam di dalamnya.Surau Syekh Burhanuddin atau Surau Gadang Syekh Burhanuddin adalah sebuah surau yang namanya diambil dari nama seorang pendakwah Islam yang sangat terkenal di masyarakat Minangkabau,Syekh Burhanuddin,yang wafat pada tahun 1111 H atau 1698 M. Dan surau ini,dijadikan sebagai pusat dakwah oleh Syekh Burhanuddin dalam mensyiarkan agama Islam di Sumatera Barat.    
 
Surau Syekh Burhanuddin terletak di daerah Padang Pariaman,di sebuah area yang sama,dimana Syekh Burhanuddin dikuburkan.Komposisi dari bangunan surau ini terbagi kepada dua bagian. Komposisi pertama,bangunan serambi berdenah segi empat panjang,sebagai bangunan tambahan yang dibuat kemudian.Bentuk konstruksinya lebar dan memiliki atap bergonjong yang terbuat dari seng.Atap bergonjong berbentuk seperti rumah gadang,yang menjadi ciri khas daerah Sumatera Barat.Hanya saja lantainya semen tidak seperti rumah gadang yang berlantaikan papan. Keseluruhan bangunan ini terbuka tanpa adanya dinding.Di sebelah kiri dan kanan ruangan ini terdapat sebuah pintu.Adapun komposisi konstruksi yang kedua adalah konstruksi utama,yang terletak dibagian belakang dan terhubung dengan bangunan pertama,bentuk atapnya adalah segitiga dengan atap bergonjong juga pada puncaknya.   
 
Hampir seluruh bahan utama surau ini adalah kayu dan seng,yang mencakup dinding tripleks, atap dan pillar.Selain itu,dua pintu masuk dan 3 buah tangga kayu disediakan untuk memasuki bangunan utama.Di dalam surau, soko guru-model pilar yang khas di gunakan pada mesjid-mesjid di pulau Jawa- yang terdiri dari 4 buah pilar,menopang konstruksi utama; sementara 12 pillar yang lain mengelilinginya.Di bagian luar, terdapat 12 buah pillar yang menopang 3 buah atap bergonjong pada surau ini.   
 
Surau Syekh Burhanuddin merupakan salah satu bangunan Islam yang terdapat di di pulau Sumatera.Sentuhan arsitektur Minangkabau pada atap surau ini dan topangan soko guru ‘ala mesjid-mesjid Jawa’ pada pilarnya, menjadikan surau ini berbeda dengan bangunan-bangunan Islam lainya yang ada di Indonesia,khususnya di Sumatera Barat.Demikianlah uraian singkat tentang Surau Syekh Burhanuddin dari www.dianovaanwar.blogspot.com semoga bermanfaat.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar