Minggu, 10 Maret 2013

BAKPIA KACANG HIJAU, ANEKA RESEP MANTAP...!




www.dianovaanwar.blogspot.comAsal kata bakpia atau kue pia adalah berasal dari negara China, yang mana dulunya ia merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari roti dan diisi daging. Seiring dengan perkembangan waktu, aneka kreasi bakpia pun tercipta, terutama dari segi isinya yang sekarang bervariasi.Bakpia kacang hijau adalah bakpia yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dikarenakan komposisi makanannnya yang sehat dan bergizi. Bakpia kacang hijau ini ada yang dicampur dengan rasa coklat dan ada pula yang dicampur dengan rasa keju. Berikut resep sederhana bakpia kacang hijau:
 
Resep Kulit Bakpia Pertama:
 
Bahan-bahannya: adonan kulit pertama siapkan:
· 125 gr tepung terigu
· ½ sendok makan mentega putih atua margarine biasa
· 40 gr gula halus
· 75 ml susu
· Garam secukupnyaAduk bahan-bahan tsb hinggga kalis,kemudian sisihkan
 
Resep Kulit Bakpia Kedua:
 
Adonan kedua, siapkan:
· 175 gr tepung terigu
· 60 gr minyak goreng atau minyak kelapa atau minyak sayur
Aduk kedua bahan tersebut hingga kalis,sisihkan.Gilas masing-masing adonan pertama dan kedua hingga tipis,Untuk adonan kedua potong menjadi 2 bagian.Letakkan sebagian adonan kedua di atas adonan pertama, lipat jadi dua dan gilas hingga tipis.Letak sisa adonan kedua diatasnya,lalu gilas kembali hingga tipis.
 
Cara Membuat Isi Bakpia:· 100 gr kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam
· 100 gr gula pasir
·Garam secukupnya
·50 ml santan kelapa
Kukus kacang hijau selama ½ jam,lalu haluskan.Tambahkan gula,garam dan santan.Masak sambil diaduk hingga kering,angkat dan dinginkan.
 
Pemanggangan Bakpia:Tipiskan tiap potongan adonan untuk kulit bakpia,isi dengan kacang hijau yang telah dibulatkan kecil-kecil dan lipat hingga rapi bersama adonan kulitnya.Letakkan di atas Loyang yang telah dioles dengan margarine dan semir dengan kuning telor pada permukaannya.Panggang dalam oven hingga berwarna kuning keemasan dan matang.Demikian pembuatan kue bakpia kacang hijau.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar