Senin, 11 Maret 2013

ANGGREK LARAT, ANGGREK KHAS PULAU LARAT,MALUKU

 
 
www.dianovaanwar.blogspot.comAnggrek larat atau Dendrobium phalaenopsis adalah anggrek langka yang berasal dari Maluku dan menjadi satu dari 12 species anggrek langka yang dilindungi di Indonesia.Nama Larat sendiri diambil dari nama pulau,yakni Pulau Larat,Tanimbar, Maluku,dimana anggrek ini pertama kali ditemukan.
 
Anggrek Larat yang juga disebut Cooktown Orchid, satu family dengan beberapa anggrek lain, seperti anggrek merpati,anggrek jamrud,anggrek Albert,anggrek Karawai,anggrek Stuberi, dan anggrek Kelembai.Bentuk anggrek larat adalah berbentuk gada dengan pangkal berukuran kecil, pada bagian tengahnya membesar kemudian mengecil dan meruncing pada bagian ujungnya. Daun anggrek ini berbentuk lanset dengan bentuk tidak simetris dengan panjang kira-kira 12 cm dan lebarnya lebih kurang 2 cm.            
 
Warna bunga anggrek larat ungu puat hingga ungu tua dan tersusun dalam bentuk tandan yang tumbuh pada buku-buku batangnya dan agak menggantung.Panjang tandan bunganya sekitar 60 cm dengan jumlah bunga tiap-tiap tandan sekitar 6-24 kuntum. Anggrek ini telah menjadi mascot atau flora identitas provinsi Maluku…..




 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar