Senin, 20 Januari 2014

Kabar Gembira Bagi Penikmat Dhuha……


Written by: Dr.Dianova Anwar
 
www.dianovaanwar.blogspot.com Banyak amalan yang dapat dikategorikan ke dalam amalan sedekah diantaranya adalah mengucapkan lafazh Subhaanallah, Alhmadulillah, Allahu Akbar,Laa ilaaha illallah, beramar ma’ruf nahi mungkar bahkan walau hanya tersenyum ramah ketika bertemu sapa dengan sesama Muslim.Tapi tahukah anda, ada satu amalan yang dapat menutupi itu semua? Simaklah hadits shahih berikut ini:

Dari Abu Dzar r.a, Rasulullah Saw bersabda: “Setiap persendian kalian wajib bersedekah, setiap ucapan tasbih adalah sedekah, setiap ucapan tahmid adalah sedekah, setiap ucapan tahlil adalah sedekah, dan setiap ucapan takbir adalah sedekah, serta menganjurkan berbuat kebajikan adalah sedekah, mencegah perbuatan mungkar adalah sedekah, dan semua hal tsb di atas cukup dengan melaksanakan sholat dhuha dua rakaat” (HR.Muslim).

Ya, sholat dhuha. Sholat sunnat ini didirikan pada waktu matahari sepenggalah naik, yakni ketika unta kecil kepanasan atau kira-kira antara pukul 8 -10 atau 11 pagi. Bila ditinjau dari segi kesehatan, jam-jam ini adalah jam-jam baiknya sinar matahari bagi kesehatan manusia.



Lalu, dapatkah mendirikan sholat dhuha lebih dari 2 raka’at?

Dari Aisyah r.a, ia berkata: “Adalah Rasulullah Saw melakukan sholat dhuha empat raka’at dan terkadang lebih, seperti yang dikehendaki Allah” (HR.Muslim).

Dari Ummu Hani r.a, ia berkata: ‘Aku mendatangi Rasulullah Saw di hari penaklukan kota Makkah, maka aku dapati beliau sedang mandi, tatkala selesai mandi beliau sholat delapan raka’at yaitu sholat dhuha”. (HR.Muttafaq ‘Alaih). Teks Hadits ini ringkasan dari salah satu riwayat Muslim.

Nah, tunggu apalagi, yuk sholat dhuha dimanapun kita berada.Bila anda orang kantoran, pergunakanlah waktu break anda untuk sholat dhuha; bila anda mahasiswa atau pelajar, pergunakanlah waktu istirahat belajar anda untuk sholat dhuha.Jangan sia-siakan kesempatan, waktu serta kesehatan anda di dunia ini untuk beribadah dan beramal hanya kepada Allah semata…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar