Rabu, 31 Juli 2013

Masjid Quwwât al-Islâm, Masjid Tertua di India



Written By: Dr.Dianova Anwar



www.dianovaanwar.blogspot.com Sesuai dengan namanya, masjid ini dibangun sebagai simbol kekuatan Islam di India, dimana pembangunan mesjid ini dilaksanakan setelah ditaklukkannya Delhi oleh Qutb ad-Dîn Aibak, jenderal dari Sultan Muhammad Ghauri, sultan dari kerajaan Ghazni, Afghanistan. Mesjid yang didirikan pada tahun 1192 M ini, dibangun dengan menggunakan material yang sama dari 27 kuil Hindu dan Jain daripada Qila Rai Pithora yang telah dihancurkan Aibak terlebih dahulu.
Masjid yang tertua di India ini sekarang lebih dikenal dengan nama Masjid Qutb atau Qutb Mosque, mengambil dari nama dari pendirinya Qutb-ad-Dîn. Yang membuat masjid ini indah adalah menaranya dan pillar-pillar yang terukir disekitar courtyardnya dengan pahatan kaligraphy dan dedaunan yang melingkar. Selain itu terdapat lengkungan runcing yang megah dengan ornament yang indah.
Menara masjid Qutb yang dikenal dengan sebutan Qutb Minar adalah lambang kemenangan Islam selain berfungsi untuk azan. Tinggi Qutb Minar adalah 72,5 m dan terdiri dari 5 tingkatan yang makin ke atas makin mengecil. Di setiap tingkatan terukir kaligrafi, dedaunan, dan bebungaan yang berbentuk menggulung, yang dipahat diatas batu merah sebagaimana material untuk masjid Quwwât al-Islâm. Pada saat sekarang, diantara yang tersisa dari masjid ini adalah menara Qutb (Qutb Minar), lengkungan runicng megah masjid serta pillar-pillarnya.Sayangnya bagian utama mesjid ini tidak lagi digunakan sebagai tempat untuk sholat, hanya dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Delhi dan digunakan sebagai salah satu tempat shooting film-film Bolywood.
 








 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar