Rabu, 31 Juli 2013

5 MASJID TERUNIK DI DUNIA (Dari Sudan Hingga Turki)



Written By: Dr.Dianova Anwar
www.dianovaanwar.blogspot.com 1.Masjid Al-Nilain adalah masjid yang terletak di kota Omdurman,Sudan. Dinamai Al-Nilain, karena lokasinya yang hanya berseberangan dengan pertemuan dua Nil, yaitu Nil Putih dan Nil Biru.Masjid ini rampung dikerjakan pada tahun 1989, desainnya merupakan project kuliah akhir seorang mahasiswa Tehnik Arsitektur, Universitas Khartoum, yang bernama Qamr Al-Dawla Abd Al-Qadr.Keunikan masjid ini bukan hanya pada bentuk kubahnya yang menyerupai jeruk purut; namun juga dikarenakan tidak adanya satupun pilar yang terdapat di dalam mesjid ini.Pilar tidak dibutuhkan sebab berat kubah ataupun atap ditumpukan pada dinding, sehingga berat pada puncak kubah menjadi nol. Oleh karenanya desain ini terpilih.Memandang masjid ini dari jembatan yang melintasi sungai Nil membuat view masjid ini bertambah indah.
 

 
2.Masjid Raya Xi’an atau Great Mosque of Xi’an adalah mesjid yang terletak di dekat Drum Tower, provinsi Shaanxi,Cina.Masjid yang berkhas China ini adalah salah satu masjid yang tertua di dunia yang didirikan pada tahun 742M.
 
 
 
 
 
3.Masjid Faisal merupakan mesjid terbesar di Islamabad, Pakistan.Masjid yang didesain oleh Vedat Dalokay ini menyerupai bentuk kemah gurun orang Badawi. Pembangunan masjid ini selesai pada tahun 1986.
 
 
 
 
 
4.Masjid Rao-Rao adalah salah satu masjid tertua di Indonesia,yang terletak di Nagari Rao-Rao, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Mesjid yang dibangun pada tahun 1908 ini memiliki style arsitektur perpaduan Minangkabau dan Persia. Pada mulanya masjid ini beratap ijuk, sekarang berganti dengan seng. Sejak berdirinya, masjid ini pernah mengalami kerusakan yang begitu parah akibat terjadinya gempa pada tahun 1926 dan yang terakhir 2009.Meskipun begitu, masjid ini tidak pernah mengalami renovasi secara besar-besaran. Renovasi yang dilakukan hanya pada pelurusan menara yang miring di tahun 1975, dan penggantian seluruh keramik lama dengan yang baru di tahun 1990-an.Di zaman penjajahan Belanda, masjid ini dijadikan sebagai tempat penyusunan strategi perjuangan, selain sebagai tempat sholat.
 
 
5.Masjid Biru atau juga dikenal dengan  Sultan Ahmed Camii (bahasa Turki) dibangun pada tahun 1609 dan selesai pada tahun 1616 dengan desain klasik Ottoman.Tembok bagian dalam masjid ini didominasi oleh warna biru, karenanya disebut Masjid Biru. Dibangun pada pemerintahan Sultan Ahmed I, yang mana kuburannya pun terdapat di sekitar area masjid ini.Masjid ini menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Istanbul,Turki.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 





 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar