Rabu, 18 Juli 2012

Seputar Yerusalem



Masjidil-Aqsa adalah yang berkubah hitam, sedangkan yang berkubah emas adalah Masjid Umar atau Dome of the Rock

http://www.dianovaanwar.blogspot.com/ Yerusalem adalah tempat suci bagi tiga agama, yaitu Islam, Yahudi dan Kristen. Bagi umat Islam, Yerusalem menjadi tempat suci dikarenakan adanya beberapa bangunan Islam di sana, selain juga pada awalnya daerah itu merupakan territorial Palestina yang telah sebagian besar telah diambil alih Israel.

Tempat Suci Bagi Umat Islam

Batu Gantung atau Batu Melayang

Di Yerusalem terdapat Masjdili Aqsa yaitu mesjid suci umat Islam yang ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masjidil Aqsa berkubah warna hitam, bukanlah berkubah emas. Sebenarnya ada lagi mesjid di samping masjidil Aqsa yang didirikan oleh Khalifah Umar yang berkubah emas (dome of the rock) yang bernama Mesjid Umar atau Mesjid as-Sakhra. Oleh orang Israel disebutkan kepada dunia (pemberian informasi yang menyesatkan-karena sengaja member informasi salah, red.pent) bahsanyasanya masjidli Aqsa adalah mesjid yang berkubah emas, padahal bukan.Maksudnya adalah mengelabui umat Islam, sehingga umat Islam tidak tahu Masjidil Aqsa yang sebenarnya. Disebutkan pula mesjid Umar sebagai Dome of the Rock atau Kubah Batu dikarenakan adanya batu melayang  yang hendak ikut bermi’raj dengan Rasulullah. Dikisahkan bahwa rasulullah menghentakkan kakinya ke atas batu itu untuk bermi’raj  (Isra’ adalah perjalanan malam Rasulullah dari Masjil Haram ke Masjidil Aqsa; sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Rasulullah dari Masjidl Aqsa ke Sidratul Muntaha  atau langit ke tujuh). Sampai sekrang batu gantung atau melayang itu masih ada dan dapat disaksikan oleh orang-orang yang datang berkunjung ke sana. Ini merupakan salah satu bukti tentang peristiwa Isra’ Mi’raj dan kekuasaan Allah Swt. Karena bagaimana batu itu terus dan tetap melayang selama beribu-ribu tahun. Masjidil Aqsa dan Mesjid Umar (Kubah Emas) dimana batu melayang berada, adalah berada dalam satu kawasan atau compound.Di bawah masjidil Aqsa telah dibuat terowongan atau penggalian oleh orang-orang Israel dengan alasan untuk penelitian arkeologi. Suatu saat bila masjidil-Aqsa roboh,maka mereka akan menggantikannya dengan rumah ibadah Yahudi, sebab Masjidli Aqsa, diyakini oleh orang Yahudi sebagai tempat ‘Kuil pertama’ mereka yang didirikan oleh nabi Sulaiman dan dirobohkan oleh King Nebuchadnezzar, dan sangat berdekatan dengan ‘Tembok Ratapan’ Yahudi.

Pintu masuk kaum Muslimin ke Mesjid Ibrahim, dimana kuburan nabi Ibrahim berada

Selain Masjidil-Aqsa, di kawasan Hebron, tepi barat kita juga dapat menemukan kuburan nabi Ibrahim,nabi Ishaq dan nabi Ya’qub beserta isteri-isteri mereka. Tempat ini juga dianggap suci oleh orang Yahudi, sehingga pernah terjadi pembantaian 19 orang Palestina yang sedang sholat di mesjid Ibrahim oleh seorang extrimis Israel, yang bernama Dr.Baruch Goldstein.Hingga hari ini, untuk mengunjungi kuburan nabi Ibrahim dibagi menjadi dua area, satu pintu untuk kawasan orang Islam dan dari pintu agak jauh bersebelahan sebagai tempat masuk orang Yahudi, sehingga kuburan nabi Ibrahim berada di tengah-tengah (artinya orang Islam dan Yahudi bisa melihat kuburan nabi Ibrahim dari dua sisi yang berbeda).

'Tembok Ratapan',Yerusalem; dulunya tembok ini dikenal dengan 'Tembok Barat'

Tempat Suci bagi Orang Yahudi
Telah disebutkan, bahwasanya masjidil-Aqsa di yakini oleh orang Yahudi sebagai tempat kuil pertama mereka yang telah hancur. Mereka menyebut kawasan masjidl-Aqsa sebagai kawasan ‘Kuil Puncak’ dimana mereka yakin kuil Sulaiman pernah berdiri di situ.Selain itu mereka juga menganggap kuburan nabi Ibrahim,Ishaq dan Ya’qub sebagai tempat suci bagi agama mereka (Ibrahim adalah ayah nabi Ishaq dan kakek nabi Ya’qub, Israel artinya orang yang mengadakan perjalanan dimalam hari, Israel berasal dari garis keturunan nabi Ya’qub). Tempat suci orang Yahudi yang lain di Yerusalem adalah ‘Tembok Ratapan’. Tempat ini dianggap tempat paling suci bagi orang Yahudi karena diyakini sebagai peninggalan akhir dari ‘Kuil yang Kedua’ yang dibangun oleh King Herold kemudian oleh tentara Romawi dibawah pimpiinan jenderal Titus dihancurkan, sehingga sekarang ini hanya tembok ini saja yang tersisa.

Orang Yahudi mempercayai bahwasanya untuk menyambut datangnya Imam Mahdi, mereka harus membangun kuil yang ketiga diatas reruntuhan kuil yang kedua. Setiap tahun orang Yahudi yang berkunjung ke ‘Tembok Ratapan’ ini berdoa agar kelak dapat beribadah kembali di ‘Kuil Puncak’, dimana masjidil-Aqsa berada.

Tempat Suci Bagi Agama Kristen

Tempat yang diyakini pemeluk agama Kristen sebagai tempat lahirnya nabi Isa

Di Yerusalem, tepatnya di Bethlehem ada sebuah gereja yang bernama ‘Gereja Kelahiran Kristus’,yang diyakini sebagai tempat lahirnya nabi Isa oleh orang-orang Kristen.Gereja ini sekarang dibagi menjadi 3 bagian, yaitu untuk pengikut gereja Orthodox Yunani, gereja Katolik Roma, dan gereja Armenia. Di depan gereja-gereja ini terdapat mesjid Umar, dimana khalifah Umar bin Khattab sholat ketika ia menaklukkan Yerusalem.Mesjid Umar yang satu lagi, yang terdapat di dekat masjidli Aqsa.

Diharapkan, kita sebagai umat Islam  mengetahui lebih jauh tentang sejarah dan kebudayaan Islam, termasuk peninggalan-peniggalan bersejarah Islam, sehingga kita akan mempertahankan apa yang semestinya menjadi hak kita.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar