Selasa, 31 Juli 2012

Shalimar Garden, Taman Indah Peninggalan Islam di Kashmir

Pavilion Shalimar Garden

www.dianovaanwar.blogspot.com Shalimar Garden atau yang sekarang dikenal dengan Shalimar Bagh adalah sebuah taman yang dibuat pada tahun 1619 di Sri Nagar,Kashmir, oleh Kaisar Jahangir- ayahanda Shah Jahan- seorang raja Mughal India yang memerintah dari tahun 1605-1627 M. Shalimar berarti “Keabadian Cinta”, dikarenakan taman ini didedikasikannya untuk istrinya yang tercinta Nur Jahan.
 
Shalimar Garden adalah sebuah taman yang merupakan adaptasi dari taman-taman di Persia yang berbentuk ‘Chahar Bagh’, yaitu taman yang terbagi kepada 4 seperti halnya Humayun’s Tomb di Delhi dan Taj Mahal di Agra.Taman-taman yang dibuat oleh kaisar-kaisar Mughal memiliki ciri khas tersendiri, selain bentuknya yang terbagi kepada 4 bagian, taman juga didampinig oleh kolam air mancur, atau sungai ataupun danau, sehingga membuat taman bertambah indah. Demikian pula halnya dengan Shalimar Garden, hanya saja air mancur yang mengalir di taman ini mengalir dari kanal alami yang terhubung dengan Danau Lal.Air dari kanal ini mengalir ke dalam Shalimar Garden di setiap sisi terasnya yang terbagi kepada 3 teras. (Gbr.Atas:Shalimar Garden dengan Danau Lal sebagai backgroundnya)
 
Teras yang pertama adalah Diwaani “Aam atau Aula Umum, dimana Kaisar duduk setiap hari untuk mendengar dan bertemu dengan rakyatnya.Teras yang kedua adalah Diwaani Khas, dimana Kaisar menerima tamu-tamu penting, di teras inilah terdapat kolam dengan air mancur yang airnya mengalir ke Diwaani ‘Aam. Sedangkan di teras ketiga adalah ruangan untuk zenana(harem), yaitu ruangan untuk istri kaisar, yang dikenal dengan “Black Pavilion” disebabkan pavilion ini berwarna batu pualam hitam.Di teras ketiga ini kolam air mancur mengelilingi pavilion hitam. Bukan hanya itu, di setiap teras dibuat taman.Di teras pertama terdapat Taman Umum, di teras kedua terdapat Taman Khusus attau ‘Taman Kaisar’ dan di teras ketiga adalah ‘Taman Zenana (harem)”. (Gbr.kiri: Shalimar Garden,1864)
 
Pada saat sekarang Shalimar Garden menjadi salah satu objek wisata di Kashmir, di sepanjang Danau Lal yang terhubung ke Shalimar Garden, akan kita jumpai jenis transportasi populer yang bernama Shikara, yang dapat membawa kita ke Taman yang luar biasa indah ini. Danau ini juga sering menjadi salah satu tempat shooting film-film Bolywood dengan background Kashmir.
 
Diwaani 'Aam Shalimar Garden,Srinagar,Kashmir
 
 
Shikara,transportasi objek turis di Danau Dal,Srinagar, Kashmir dan juga menjadi tempat shooting film-film Bollywood.Berseberangan terletak Shalimar Garden
 
Shalimar Gaden,Srinagar,Kashmir
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar