Rabu, 06 Juni 2012

Komunitas Pengajian Al-Qur'an Terjemah Mingguan Merupakan "Embrio" Terlahirnya PRPM/PRNA Harjosari Cabang Teladan Satu Medan


Bermotivasi dari keinginan untuk memakmurkan mesjid, kira-kira diawal tahun 2011 yang lalu saya membentuk komunitas pengajian Al-Qur’an terjemah Mingguan untuk anak-anak dan remaja di Mesjid Taqwa, ranting Harjosari Cabang Teladan Satu Medan.Pengajian ini diselenggarakan setiap hari Minggu (Ahad) dari jam 10 pagi – waktu Zhuhur. Materi yang diajarkan bervariasi,mulai dari Al-Qur’an Terjemah, B.Inggris, Komputer, Tarjih,dan Hafalan Al-Qur’an. Tentu saja semua materi ini tidak diajarkan dalam satu waktu sekaligus, dikarenakan waktu yang sangat terbatas. Namun pelajaran Al-Qur’an Terjemah merupakan materi pokok yang diajarkan setiap minggu. Keaneka-ragaman materi  dimaksudkan untuk tidak menimbulkan kejenuhan.
Pada mulanya, anak-anak yang datang belajar tidaklah begitu banyak. Akan tetapi, seiring dengan waktu dan tersebarnya informasi dikalangan masyarakat, Alhamdulillah minggu demi minggu anak-anak yang datang mengaji bertambah banyak. Saya sendiri tidak pernah bosan untuk mengingatkan, baik anak-anak ataupun orangtuanya untuk mengaji di hari Minggu, baik via sms maupun via telepon. Memang untuk berfastabiqul khairat tidak boleh ada kata lelah atau menyerah, tetap semangat!
Anak-anak yang datang mengaji bukan saja dari sekolah-sekolah umum seperti SMP,SMA namun juga berasal dari sekolah-sekolah agama seperti MTsN dan MAN. Bahkan ada yang sudah kuliah dan malahan ada yang telah menyelesaikan studinya dari perguruan tinggi.Bisa dikatakan, anak-anak yang berasal dari warga Muhammadiyah 50% dan 50% dari luar Muhmmadiyah. Pengajian Al-Qur’an dan Tarjih serta Pengajian Umum yang diselenggarakan PRM Harjosari setiap bulan 2x nya,membuat anak-anak semakin mendalami ajaran Islam yang sebenarnya menurut tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah.
 Lebih kurang setahun dari terbentuknya komunitas ini, maka pada pertengahan bulan Januari 2012 terlahir Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PRPM) dan Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah (PRNA) ranting Harjosari, Cabang Teladan Satu Medan. Anggota-anggotanya berasal dari komunitas pengajian Al-Qur’an Terjemah Mingguan ini, hanya saja terbatas untuk kalangan remaja. Belakangan, anggota PRPM dan PRNA Harjosari semakin bertambah jumlahnya.
Meskipun PRPM/PRNA Harjosari telah terbentuk,bukan berarti komunitas pengajian terjemah terhenti. Malah harus lebih digiatkan lagi, sebab di komunitas inilah anak-anak dan remaja bisa bertemu, dan dari komunitas ini pula diharapkan pembinaan kader-kader berikutnya sejak dari dini.






               

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. assalamuaikum,,,saya ingin sekali belajar mengaji dr awal lgy karna saya sudah lm sekali tidak mengaji,,,saya ingin memperbaiki kehidupan saya,,,apakah bisa bantu saya,,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalaam Sari,wah,alhamdulillah kalau Sari ada niat untuk belajar mengaji lagi.Saran saya mulailah dari awal,tidak perlu malu,dan tidak ada kata terlambat untuk suatu kebaikan..

      Hapus
  4. Assalaamualaikum, ini alamatnya dimana ya Bu...maklum saya warga baru di kota medan

    BalasHapus