Minggu, 26 Agustus 2012

Amber Fort,Tembok Raksasanya India


www.dianovaanwar.blogspot.com Amber Fort atau Amber Palace yang juga dikenal dengan Amer Fort atau Amer Palace,adalah sebuah benteng sekaligus istana yang terletak di wilayah Amber,yang sekarang bernama Amer,satu kota bagian dari Jaipur,Rajasthan India.Bila anda melihat benteng ini,maka anda akan berfikir ia adalah tembok raksasa yang ada di China.Dikarenakan bentuk temboknya yang panjang hingga ke atas bukit.
 
Amber Fort dibangun oleh Raja Man Singh I, Raja Rajput Maharajas, berfungsi sebagai benteng sekaligus sebagai tempat tinggal keluarganya.Material utama tembok ini adalah batu pasir merah dan putih, sedangkan istananya,selain menggunakan batu pasir merah dan putih juga dikombinaasi dengan marmer putih. Style yang diterapkan merupakan kombinasi style Rajput (Hindu) dan Mughal.Di dalam Amber Fort terdapat Diwani 'Am (Aula untuk umum/rakyat), Diwani Khas (Aula untuk tamu khusus), Sheesh Mahal (Mirror palace), dan Sukh Niwas.Dan di belakang Amber Fort terdapat Danau Maotha.
Amber Fort, bersamaan dengan Jaigarh Fort, secara langsung terletak di atas Bukit Elang atau Cheel ka Teela, di deretan perbukitan Aravalli, yang berada dalam satu kompleks.Kedua fort ini,Amber Fort dan Jaigarh Fort dihubungkan oleh sebuah lintasan atau gang di bawah tanah, sehingga apabila terjadi sesuatu yang memaksa pihak keluarga kerajaan melarikan diri,maka mereka bisa menempuh lintasan bawah tanah ini menuju Jaigarh Fort.
 
Bila anda hendak ke mari,anda bisa menunggang gajah untuk sampai ke atas Amber Fort.Saya pernah sekali ke mari,lumayan jauh dari Delhi, tapi terbayar,sebab banyak objek wisata yang indah di Jaipur.Anda bisa menyewa taxi pulang balik,pagi berangkat dan malam tiba kembali di Delhi. Selain Amber Fort, anda juga bisa mengunjungi Hawa Mahal,Jaigarh Fort,Nahargarh Fort,Jantar Mantar Observatory, Jai Mahal Palace (Water Palace),dll.Pemandangan di sepanjang jalan sangatlah indah,dan sesekali anda akan menjumpai juga unta.Jaipur(Rajasthan) adalah salah satu tempat dimana anda bisa melihat unta di India.Dan anda juga bisa membawa pulang oleh-oleh berupa pakaian,bantal kursi,kerajinan tangan, dll yang merupakan ciri khas Jaipur. Demikianlah uraian tentang Amber Fort,Tembok Raksasa India dari www.dianovaanwar.blogspot.com semoga bermanfaat bagi anda.

 
 

 
 

Lintasan atau gang bawah tanah dari Amber Fort ke Jaigarh Fort

 

 

 Diwaani 'Am atau Aula untuk Publik di dalam Amber Fort
Bagian Tengah Sheesh Mahal (Mirror Palace) di dalam Amber Fort

View Amber Fort dari Danau Maotha

Jaigarh Fort, dilihat dari Amber Fort

Naik Gajah menuju ke puncak Amber Fort

Turis di Amber Fort

Tidak ada komentar:

Posting Komentar