Sabtu, 25 Agustus 2012

Adab Bersin dan Menguap dalam Islam

Written By: Dr.Dianova Anwar
www.dianovaanwar.blogspot.com Islam adalah agama yang sempurna,sakin sempurnanya sampai-sampai hal yang sekecil-kecilnya pun seperti bersin dan menguap ada aturannya. Bersin adalah hal yang disukai oleh Allah sedangkan menguap adalah hal yang dibenciNya,sebab ketika seseorang menguap,pada saat itu syetan tertawa dan berusaha untuk masuk.Dari Abu Hurairah r.a sesungguhnya Nabi Saw bersabda,”Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap,maka apabila salah seorang kamu bersin dan mengucapkan “Alhamdulillah”, wajib bagi setiap muslim yang mendengarnya mengucapkan “Yarhamukallah”,adapun menguap sesungguhnya berasal dari syetan, maka apabila salah seorang dari kamu menguap hendaklah menahan semampunya, karena bila salah seorang menguap syetan tertawa” (HR.Bukhari).
Lalu apa yang akan diucapkan oleh orang yang bersin bila setelah ia mengucapkan lafazh Alhamdulillah kemudian dijawab dengan “Yarhamukallah” yang artinya ‘semoga Allah merahmatimu’? maka orang yang bersin ini harus menjawab lagi dengan ucapan “Yahdikumullah wa Yushlihu Baalakum” yang artinya ‘Semoga Allah menunjukimu dan memperbaiki urusanmu’ ini dapat kita jumpai dalam satu hadits dari Abu Hurairah dan perawinya juga Imam Bukhari.Bagaimana bila orang yang bersin tidak mengucapkan lafazh “Alhamdulillah”? maka kita tidak perlu menjawabnya dengan ucapan Yarhamukallah.Ini bisa kita jumpai pada hadits dari Anas r.a,ia berkata,” Dua orang lelaki bersin di sisi Nabi Saw,maka beliau membalas salah seorang dari keduanya dan tidak membalas yang lain,orang yang tidak dibalas berkata,”Si fulan bersin engkau balas,sedangkan aku tidak engkau balas?” beliau bersabada,” Ia mengucapkan Alhamdulillah,sedangkan engkau tidak” (HR.Muttafaq ‘Alaih).
Dikisahkan juga dalam satu hadits bahwasanya orang-orang Yahudi pura-pura bersin di sisi Rasulullah Saw, mereka mengharapkan Rasulullah Saw berkata kepada mereka “Yarhamukumullah (disini yarhamukumullah bukan yarhamukallah karena jama’ dalam bahasa Arab untuk kamu-kamu),ternyata Rasulullah mengucapkan Yahdikumullah wa Yuslihu Baalakum” (HR.Daud dan Tarmidzi dari Abu Musa al-Asy’ari r.a).Bagaimana pula adabnya,ketika kita menguap? Hendaknya kita berusaha menahan dan bila juga tidak tertahan hendaknya kita menutup mulut kita dengan tangan.Dari Abu Sa’id al-Khudri r.a ia berkata, Rasulullah Saw bersabda,”Bila salah seorang dari kamu menguap,tahanlah dengan meletakkan tangan di mulutnya karena sesungguhnya syetan berusaha masuk” (HR.Muslim). Dari segi kesehatan, bersin baik untuk tubuh kita; sebab diyakini dengan bersin bibit-bibit penyakit dari dalam tubuh akan keluar. Akan halnya menguap, bau udara yang keluar dari mulut kita  tidak sedap untuk dihirup,bahkan sebagian orang berpendapat bahwasanya menguap dapat menularkan penyakit yang diderita oleh orang yang menguap. Demikianlah uraian tentang  Adab Bersin dan Menguap Dalam Islam dari www.dianovaanwar.blogspot.com semoga bermanfaat.
                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar