Sabtu, 15 September 2012

Belajar Dari India

www.dianovaanwar.blogspot.com Adalah menjadi kebiasaan saya untuk mengambil pengalaman yang positif dari setiap orang ataupun tempat-tempat yang saya kunjungi bahkan tempat yang saya mukimi.Ingin saya berbagi kepada pembaca hikmah dan pengalaman yang saya petik dari tiga negara yang pernah saya tempati,mungkin saja bermanfaat bagi pembaca,sebab kebanyakan pengalaman yang saya dapatkan tidak ada atau jarang sekali saya jumpai di Indonesia.Pada entri ini,akan saya ulas tentang hikmah positif yang saya dapati dari India.Berikut ulasannya:

Sebagai negara yang pertama sekali  saya kunjungi dan saya tempati,walaupun tidak begitu lama,tidak sampai 10 tahun,namun banyak pengalaman yang dapat saya petik dari negara ini.Secara garis besar ada 5 point yang dapat saya ambil sebagai pembelajaran dan  coba saya terapkan dalam kehidupan ini, kelima point tersebut adalah:
  1. Tawadhu dan sederhananya orang-orang yang berilmu tinggi;ilmu padi,makin berisi makin merunduk benar-benar saya dapatkan di negara ini,khususnya,para dosen yang beragama Islam,sesuai dengan bidang studi yang saya geluti.Baik doktor maupun professor sangat rendah hati.di India lah saya dapati seorang dosen dan bersarjana S-3 mengajar naik sepeda,dan ketua jurusan naik vespa butut,serta dekan yang memakai hp keluaran model pertama.Bila dibandingakn dengan di Indonesia,mungkin dari sekian 100 orang hanya 1 yang demikian.Sebab sepengatahuan saya,orang-orang yang bertitel,agak rada 'lagak' kalau sudah sarjana apalalgi S-2 apalagi S-3 dan apalagi tamatan dari luar negeri.Akhlak dosen-dosen Muslim India sangat baik,dan bila ia tahu anak didiknya mau melanjutkan lagi studi ke jenjang yang lebih tinggi, mereka akan bangga dan bahagia,karena mantan anak didiknya; bagaimana dengan di Indonesia? 
  2. Cinta Membaca;hampir semua mahasiswa India suka membaca,perpustakaan tidak pernah sepi,selalu penuh dengan mahasiswa/i yang membaca,dan hal ini didukung pula dengan librariannya yang sangat kooperatif,siap mengantarkan buku yang kita cari bila kita sulit mendapatkannya
  3. Refreshing di hari minggu dan sport di pagi hari;orang-orang India,khususnya yang tinggal di daerah perkotaan sangat senang sport di pagi hari,dan taman-taman yang ada sangat menunjung aktifitas ini.Dan hari minggu,banyak orang-orang India pergi 'melancong' meskipun hanya bermodalkan tiket bus, sesusah apapun,ke tempat-tempat umum yang tidak perlu lagi mengeluarkan uang (gratis)  seperti India Gate,atau juga pergi nonton ke bioskop bagi yang berduit.Mereka benar-benar menikmati hari minggu untuk "memanjakan diri".Tidak ada kata 'sayang' uangnya dibuang.
  4. Memuliakan wanita; di India,bila kita membeli tiket kereta api,ada antrian khusus untuk wanita,demikian pula busnya,menyediakan beberapa kursi yagn hanya dikhususkan untuk wanita.Dan ada kereta api yang mana wanita dan pria terpisah.Mungkin ini adalah pengaruh dari pemerintahan kerajaan Islam di India sebelumnya, yang mana dalam Islam memuliakan wanita. 
  5. Cinta taman dan bunga;banyaknya taman,gardener dan bunga yang berganti-ganti setiap musim,adalah hal yang saya coba terapkan khususnya sewaktu berada di Indonesia. Ini menunujukkan orang-orang India mencintai keindahan.
Demikianlah beberapa hikmah yang saya dapati di India,semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar