Kamis, 02 Mei 2013

KOTA LARNACA DAN MASJID UMMU HARAM


Masjid Ummu Haram di Cyprus

www.dianovaanwar.blogspot.com Akhir-akhir ini negara Cyprus atau Qubrus dalam literature bahasa Arab,serasa lebih populer di telinga kita dikarenakan krisis ekonomi yang dialami oleh negara pulau ini, sehingga “memaksa” terjadinya bail out untuk mencegah kebangkrutan pada negara itu.
 
Cyprus adalah sebuah pulau di Mediterrania (Laut Tengah), terletak di sebelah barat Syam (Palestina-Lebanon-Syriah-Jordan)dan di sebelah selatan Turki, serta memproklamirkan diri sebagai negara yang berdiri sendiri sejak tahun 1960.Sejarah yang dilalui oleh Cyprus sangatlah panjang, termasuk diantaranya masuknya Islam pertama kali ke pulau ini melalui sebuah ekspedisi di masa kekhalifahan Utsman bin Affan dan juga pernah berkuasanya kerajaan Turki Utsmani atas pulau ini selama lebih dari 3 abad (sejak 1571-1878).
 
Dengan persetujuan khalifah Utsman bin Affan, Mu’awiyah bin Abi Sufyan, yang pada saat itu menjabat sebagai gubernur di Damaskus (Suriah), memimpin ekpedisi penaklukan pulau Cyprus yang ketika itu berada dibawah kekuasaan Romawi Timur (Byzantium).Ini terjadi sekitar pada tahun 28 H/649 M.Dalam ekspedisi tersebut, ikut sertalah Ubadah bin Syamit dan istrinya, Ummu Haram.Setelah pasukan Islam memenangkan peperangan dan bersiap-siap untuk pulang, Ummu Haram mengalami kecelakaan. Ia terjatuh dari baghal (hewan hasil dari perkawinan silang kuda dan keledai) yang dikendarainya,mengakibatkan lehernya patah dan meninggal dunia. Ummu Haram kemudian dimakamkan di tepi danau garam,5 km dari kota Larnaca (bagian selatan dari pulau Cyprus). Pada saat kerajaan Turki Utsmani menguasai Cyprus,untuk menghormati makam ini, dibangunlah sebuah masjid yang berlokasi bersebelahan dengan makam Ummu Haram.Area makam ini kemudian dikenal dengan sebutan Hala Sultan Teke.Belakangan, beberapa makam dikuburkan di kompleks Hala Sultan Teke ini,diantaranya adalah Khadijah,istri Raja Hussein dari Hijaz atau buyut Raja Abdullah dari Jordan.Khadijah merupakan keturunan Turki, ia meninggal pada tahun 1929 pada saat berkunjung ke pulau ini.
 
Sebenarnya, siapakah Ummu Haram?Ia adalah salah seorang sahabiyah,bernama lengkap Ummu Haram binti Milhan, saudara kandung dari Ummu Sulaim binti Milhan, ibunda dari Anas bin Malik (lih.entri: Anas bin Malik, Bukan Sekedar Pelayan Rasulullah).Ini artinya, Ummu Haram adalah bibi dari Anas bin Malik. Suami dan anak Ummu Haram mati syahid ketika perang badar, lalu ia menikah lagi dengan seorang sahabat Anshar yang bernama Ubadah bin Syamit, dan mempunyai anak darinya yang bernama Muhammad bin Ubadah.Adanya masjid yang dibangun didekat makam Ummu Haram, membuat masjid tsb dikenal hingga sekarang dengan sebutan Masjid Ummu Haram……
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


 

 
 
 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar