Minggu, 23 Juni 2013

5 Berita Dunia Terpopuler di Minggu Ini


Edward Snowden (foto: The Guardian Newspaper)
www.dianovaanwar.blogspot.com 5..Mulai diadilinya para tahanan Guantanamo dalam kaitannnya dengan peristiwa 9 September dan al-Qaidah.Para tahanan ini telah mendekam di penjara Guantanamo tanpa pernah kasusnya dibawa ke pengadilan.Belakangan ini para aktivitis hak asasi manusia di AS semakin gencar mendesak  Obama untuk memenuhi janjinya saat ia berkampanye sebelum menjadi presiden kali pertama untuk menutup penjara Guantanamo.Kebanyakan para tahanan ini berasaa dari Yaman dan Afghanistan, semuanya Muslim yang taat dan mengalami penyiksaan dan menerima perlakuan yang tidak berprikemanusiaan selama di dalam tahanan
 
4.Banjir,Banjir dan Banjir
Setelah benua Eropa-mulai dari Jerman,Austria ,Chechen dan Hungaria- dilanda banjir, padahal lagi musim panas, maka diminggu ini banjar yang luar biasa terjadi di provinsi Uttarakhand, India utara. Bila dipikir-pikir, tempat ini bukan daerah dataran rendah, seperti umumnya banjir terjadi, namun merupakan daerah pegunungan, yang mengakibatkan rumah-rumah runtuh dan longsor terbawa arus hingga menelan korban sekitar 6500 orang (banyak nggak tuh?) dan sekitar 10.000 masih terperangkap. sampai sekarang masih diadakan kegiataian evakuasi untuk penyelamatan orrang-orang yang masih terperangkap  dengan menggunakan helikopter.Mayat-mayat ditemukan bergelimpangan disana-sini setelah banjir sedikit surut, persis seperti peristiwa Sunami.Tempat ini merupakan tempat yang dianggap sebagai tempat “berhajinya” orang-orang Hindu.Ehm….anda simpulkan saja sendiri mengapa musibah terjadi….Banjir yang terakhir terjadi di kota Calgary,Alberta,Canada. Dikabarkan 13 orang tewas dan sekitar 300.000 orang harus meninggalkan rumah mereka. Lagi-lagi banjir, ini Summer loh…!  Satu kata Subhaanallah!
 
3.Taliban membuka kantor politiknya secara resmi di Doha,Qatar
Dengan bantuan pemerintah Qatar dalam menyediakan fasilitas kantor resminya, di pertengahan minggu ini Taliban membuka kantor politiknya secara resmi dihari yang sama diadakannya acara seremonial serah-terima Pasukan/tentara  As dan sekutunya kepada pasukan keamanan Afghanistan. Dengan adanya kantor resmi ini, Taliban membuka diri dan pintu dengan dunia dalam hal perpolitikan, khususnya dengan pemerintah Afghan dan AS tentang masa depan Afghansitan. Akhir tahun depan 2014 dijadwalkan pasukan AS akan ditarik pulang ‘kampung’ ke AS, meninggalkan Afghanistan. Taliban memberi syarat kepada pemerintah AS sebelum bernegosiasi, yakni dibebaskannya para tahanan Afghan di Guantanamo. Konflik antara Taliban dan AS ini bermula dari ‘perburuan’ Osama bin Laden yang diduga terkait dengan peristiwa 9 September.Dicari-cari, ternyata Osamanya ditangkap di Pakistan.Tidak ada yang tahu,mungkin saja Osama sudah pindah ke Pakistan sejak sebelum terjadinya peristiwa 9 September, ini membuat perburan Osama sama seperti ‘memburu hantu’, karena orangnya tidak ada, malah yang didapat permusuhan dari orang-orang Afghan karena AS dianggap sebagai penjajah sehingga banyak tentara AS dan sekutunya yang tewas di sana.
 
2.Demo besar-besaran di 3 kota besar Brazil: Sao Paulo,Brasilia dan Rio De Janeiro terkait dengan dugaan korupsi pemerintahan Brazil atas dana jutaan dollar yang habis untuk membuat 6 stadion buat hajatan Piala Dunia tahun depan dan Olimpiade tahun 2016. Sayangnya, demonstrasi yang diikuti oleh sekitar 1 juta orang pada hari Kamis lalu ini berakhir dengan penjarahan yang dilakukan oleh sebagian kecil para demonstran.Para demonstran menuntut agar kesejahteraan masyarakat Brazil seperti pendidikan dan transportasi diperhatikan.
 
1.Jawara news minggu ini jatuh pada si ganteng, Edward Snowden, seorang mantan tehnisi CIA yang telah membocorkan program rahasia AS ,termasuk kegiatan  AS memata-matai Hongkong dan China (administrasi Obama kebobolan...). Setelah ia merelease data program rahasia AS melalui media internet, Snowden,pria yang berusia 30 tahun ini dikabarkan melarikan diri atau lebih tepatnya menyembunyikan diri di Hongkong.Kebanyakan orang mendukungnya,atas dasar  adalah hak setiap orang  untuk bebas berbicara. Bulan lalu, surat kabar The Guardian Inggris mewancarai Snowden di Hongkong, dan hari ini Snowden terbang ke Moskow, namun Moskow bukanlah tujuan finalnya. Ia akan menuju Ekuador, ditemani oleh para diplomat Ekuador dari Moskow ke Ekuador, Snowden rupanya telah mengajukan suaka ke Ekuador.Snowden ditetapkan oleh pemerintah AS sebagai boronon yang paling dicari FBI atas tuntutan sebagai mata-mata sekitar 2 hari yang lalu. Ia dituduh telah membocorkan program rahasia AS melalui traffik internet, emails, facebook dan telephone.Lah...koq kayak di film-film Hollywood itu ya???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar