Jumat, 20 Juli 2012

Inilah Gua Ashabul Kahfi, Salah Satu Situs yang Terdapat Dalam Al-Qur’an

Gua Ashabul Kahfi

www.dianovaanwar.blogspot. www.dianovaaanwar.blgospt.com Kisah Ashabul Kahfi adalah kisah tentang 7 orang pemuda yang beriman kepada Allah, yang mendiami sebuah gua, lari dan bersembunyi dari kejaran pasukan raja Romawi yang bernama Raja Dikyanus atau Decius yang menyembah berhala dan sangat kejam.Pada saat itu kerajaan Romawi mendirikan Liga Decapolis dan berpusat di Philadelphia, yang sekarang ini bernama Amman, ibukota Jordan.
 
Kisah Ashabul Kahfi ini diabadikan Allah Swt dalam Al-Qur’an, tepatnya di surah Al-Kahfi, surah yang ke 18.Ashabul Kahfi berarti para penghuni gua, juga dikenal dengan sebutan ‘The Cave of Seven Sleepers’ yang berarti 7 orang yang Tidur di Dalam Gua, karena mereka terdiri dari 7 orang pemuda. Allah telah menidurkan mereka selama 309 tahun, dengan membolak-balikkan badan mereka ke kiri dan ke kanan sehingga tubuh mereka tidak hancur dengan tanah. Sementara itu seekor anjing yang menemani mereka yang bernama Ar-Raqim berjaga-jaga di luar dengan membentangkan kedua lengannya di depan pintu gua.Ketika mereka terbangun,mereka merasa hanya tidur sehari atau setengah hari saja.Sehingga terjadilah percakapan diantara mereka mengenai berapa lama mereka berada di dalam gua itu. Akhirnya salah seorang dari mereka pergi ke pasar dengan membawa uang koin peraknya, yang ternyata koin itu itu sudah tidak ‘laku’ lagi, uang itu adalah uang yang digunakan beberapa ratus tahun sebelumnya.Zaman telah berganti, penguasa pada saat itu pun adalah penguasa yang beriman kepada Allah Swt.
 
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar