Kamis, 16 Agustus 2012

Cara Memberi Salam Khas dari Berbagai Negara



www.dianovaanwar.blogspot.com Di Indonesia, yang bermayoritas Muslim,cara memberi salam adalah dengan mengucapkan salam sambil berjabat tangan bila seumuran,namun bila orang yang kita beri salam lebih tua daripada kita,kita akan mencium tangannya sebagai bentuk rasa hormat. Lain lagi dengan para selebritis ataupun kalangan jet-set atau orang berpunya, yang memilki cara memberi salam dengan cara cipika-cipiki alias cium pipi kanan,cium pipi kiri.Edannya kalau yang dicium berlainan jenis,bukan muhrim lagi…wadoh…yang enak laki-lakinya dong…..Kita tinggalkan Indonesia, sekarang kita akan melihat cara memberi salam yang khas dari beberapa negara,berikut liputannya:
 
1.Alaska
Dari sekian banyak tradisi salam,model salam Alaska ini yang paling unik, yaitu dengan saling menggesekkan ujung hidung lawan bicara (walah…jeruk makan jeruk nih…). Hal ini dimaksudkan sebagai rasa sayang diantara anggota keluarga yang dicintai.Tradisi salam ini dikenal dengan sebutan “Eskimo Kisssing”.Gaya sapa penduudk yang bertempat tinggal di Alaska dan Sibeeria Timur ini berasal dari tradisi suku Inult yang disebut Kunik.
 
2.Jepang dan Korea
Cara memberi salam orang-orang Jepang,adalah salah satu cara yang khas di dunia,yaitu dengan membungkukkan badan.Hal ini dilakukan terhadap orang-orang yang lebih tua ataupun sesama kolega.Di Korea,cara memberi salam dengan membungkuk ini,diikuti dengan menjabat tangan orang yang disapa.
 
3.India,Nepal dan Thailand
 
Orang India,dalam hal ini yang beragama Hindu,memberi salam dengan mengatupkan tangan di dada sama dengan orang-orangThailand dan Nepal yang beragama Buddha, bahkan Bali, yang kita tahu mayoritas beragama Hindu. Bedanya hanya pada kata-kata yang mereka ucapkan ketika memberi salam.Selain itu,orang-orang Hindustan (India) akan memberi salam dengan cara menyentuh kaki orang yang diberi salam, bila umurnya lebih tua, menurut mereka,sebagai bentuk penghormatan.
 
 
 
 
 
4.Selandia Baru
 
Gaya sapaan di Selandia Baru hampir sama dengan Eskimo kissing.Gaya ini terinspirasi dari tradisi suku Maori yang disebut Hongi.Hongi adalah gaya menyapa dengan saling menggesekkan ujung hidung yang dipercayai oleh orang-orang Maori sebagai simbol saling menukarkan Ha atau nafas hidup.
 
 
 
5.Botswana
 
 
Di Botswana,salah satu negara yang terletak di Afrika bagian Selatan,cara menyapanya adalah dengan mengulurkan tangan kanan kita untuk bersalaman,sementara itu tangan kiri menyentuh lengan kanan.Untuk pria diucapkanlah,”dumela na”, sedangkan untuk wanita diucapkan “dumela mma’”. Demikianlah uraian tentang Cara Memberi Salam Khas dari Berbagai Negara dari www.dianovaanwar.blogospt.com semoga bermanfaat.
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

1 komentar:

  1. Oh pantesan kemaren waktu ane di kuta sama bule new zealand diajak nyentuh hidung ma hidung, kirain ane dia homo, ternyata itu salam. hehehe, thanks info nya.

    BalasHapus