Rabu, 15 Agustus 2012

Hidangan Khas Lebaran di Beberapa Negara


www.dianovaanwar.blogspot.com Lebaran tinggal menghitung hari,setelah sebulan lamanya kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan,kini tiba saatnya untuk ber-Idul Fithri.Sebagaimana halnya makanan khas ketika Ramadhan, setiap negara juga memiliki hidangan khusus sewaktu merayakan lebaran.Berikut ini makanan khas lebaran dari beberapa negara:
 
1.India dan Pakistan
 
Dua negara ini memiliki hidangan yang sangat khas sewaktu lebaran.Saya tahu persis,sebab hampir 8 tahun di India. Bila di bulan Ramadhan mereka membuat rujak ‘masala’ dengan gorengan maka di Idul Fithri orang-orang Muslim India dan juga Pakistan yang notabene berasal dari rumpun yang sama, akan menyediakan makanan yang bernama Samia, yaitu mi gandum tipis yang dimasak denga susu,gula dan kismis.Susu yang digunakan biasanya adalah susu segar. Susu segar bisa dibeli dari kedai-kedai kelontong di pagi hari, namun bisa juga dipesan langsung dari tempat pemerahan sapi. Ada juga keluarga muslim India yang berlangganan susu sapi segar bulanan, setiap hari akan diantar langsung ke rumah-rumah.
 
2.Mesir dan Sudan
 
Berbeda dengan orang-orrang Indida Muslim dan Pakistan, makanan khas berlebaran di Mesir dan Sudan adalah sejenis biscuit,yang bernama Kahk.Asal mulanya biscuit ini disebutkan berasal dari kue temuan orang Mesir Kuno,dan sampai sekarang masih digemari oleh orang-orang Mesir bahkan sampai ke Sudan. Kita tahu, Mesir dan Sudan adalah dua negara yang bertetangga, terletak di Afrika Utara,dan sama-sama dialiri sungai Nil.Kue Kahk ini berbentuk bundar,berisi kacang,dan akan ditaburi tepung gula, seperti kue salju di Indonesia.Kahk memiliki kalori rendah,namun lumayan mengandung karbohidrat dan protein.
 
 
3.Turki
 
Di Turki, ada beberapa makanan khas yang dipersiapkan untuk Idul Fithri, yaitu Baklava, Debyaza, Ta’teema dan Halawa. Beberapa makanan ini dipersiapkan 3 hari menjelang Idul Fithri.Debyaza adalah semacam pudding apricot sedangkan halawa adalah pudding khas Turki. (Gbr.kanan: baklava)
 
 
4.Bangladesh
 
Dikarenakan orang Bangladesh senang makanan yang pedas-pedas,maka hidangan khas lebarannya pun tergolong lumayan pedas,yakni Chotpoti Curry.Makanan ini mengandung santan dan dihiasi telur dan kentang.Walau ala kari, namun tidak memasukkan daging sebagai bahan utamanya, sehingga hidangan ini mengandung kalori dan lemak lebih rendah daripada rendang dan opor ayam di Indonesia.
 
5.Maroko
 
Negara ini memiliki beberapa jenis hidangan lebaran,diantaranya adalah: Meloui,Bastilla Ayam dan Tagine.Meloui atau pancake Maroko merupakan makanan kecil yang dibuat dari adonan terigu, gula,garam dan ragi,kemudian dipanggang, mirip roti cane ala Aceh. Hanya saja kalau roti cane Aceh kita menyantapnya dengan kari,maka meloui diasup dengan campuran madu dan mentega. Sedangkan Bastilla Ayam atau Chicken Bastilla adalah sejenis kue yang berbahan dasar ayam, yang diadon dengan beberapa bumbu, yaitu kunyit,kayu manis,lada dan jahe.Kue ini disajikan dengan adonan gula tepung dan kayu manis bubuk.Wah…gimana rasanya ya? Kayak nano-nano…..Adapun tagine merupakan hidangan semur yang menggunakan bahan utama daging domba atau daging ayam. Bedanya dengan semur Indonesia,semur ini dicampur dengan kurma,wuih…boleh juga nih….
 
 
6.Myanmar
 
Muslim minority yang sekarang lagi hangat-hangatnya dibicarakan di berbagai media massa, berkaitan dengan pembunuhan Muslim Rohyang di sana,rupanya juga memiliki hidangan khusus buat ber-Idul Fithri(tapi keadaan lagi kacau begini gimana ya? Kasihan juga….).Makanan khas lebaran mereka adalah Sa Nwin Ma Kin, yaitu cake atau pudding yang diolah dari semolina atau butiran gandum.semolina juga digunakan untuk membuat makanan lain seperti Halawa.Makanan ini kemudian dipadukan dengan Danbauk Htamin,semcam nasi briyani, kemudian dihiasi dengan irisan mangga,daun mint dan cabe hijau.
 
7.Indonesia
 
Tentunya kita sudah tahu, menu khas lebaran orang Indonesia adalah ketupat,ditemani dengan rendang dan ikan teri,disiram dengan sayur lodeh, ditaburi dengan tauco udang basah, dan di hiasi dengan kriuknya emping atau pun kerupuk. Ada juga yang memasak opor ayam sebagai pengganti rendang dan juga menaburi serundeng sebagai pengganti kerupuk.Wadoh…enak tenan….bayangin nya aja udah kenyang…. jadi kepingin pulkam…..omak……
Demikianlah uraian tentang hidangan khas lebaran dari beberapa negara,semoga uraian dari www.dianovaanwar.blogspot.com ini bermanfaat bagi anda.
 




 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar