Rabu, 24 Juli 2013

Menelusuri Jejak Pyramid di Sudan


Salah satu pyramid di Meroe,Sudan
 

Written By: Dr.Dianova Anwar

www.dianovaanwar.blogspot.com Membicarakan keberadaan pyramid di Sudan,tidak akan terlepas dari adanya kaitan sejarah yang sangat erat antara Sudan dan Mesir. Bila kita melihat ke belakang, Sudan dan Mesir sebelumnya merupakan satu kesatuan, sama  halnya seperti India dan Pakistan. Sudan awalnya adalah ‘Mesir bagian Selatan’. Sebelumnya, sewaktu Mesir di jajah oleh Turki Ottoman sekitar tahun 1820-1821,didirikanlah pusat pemerintahan di Sudan yang dibawah pengawasan Mesir.Setelah itu,datanglah Inggris menjajah Mesir,kembali Sudan juga dijajah.Setelah perjuangan melawan pemerintahan Inggris maka pada tanggal 19 Desember 1955,parlemen Sudan mengumumukan kemerdekaan Sudan dan terlepas dari Mesir,berdiri sebagai sebuah negara tersendiri.Inggris dan Mesir mengakui kemerdekaan Sudan pada tanggal 1 Januari 1956.Tanggal inilah yang sampai sekarang diperingati sebagai hari kemerdakaan Sudan.

View pyramid Meroe dari udara
Pyramid-pyramid yang terdapat di Sudan,tepatnya di Meroe-sekitar 100 km sebelah Utara Khartoum,ibukota Sudan- membuktikan ‘kentalnya’ hubungan Mesir dan Sudan, bahkan sejak zaman kuno.Pemerintahan saat itu yang pada awalnya berpusat di Napata,Mesir (1000-300 SM) berpindah ke Merou,Sudan yang sekarang, dikarenakan terjadinya perampokan-perampokan. Pihak kerajaan Meroitic memutuskan untuk berpindah ke daerah Selatan yakni ke ‘Mesir Selatan’ (Sudan) yang dipertimbangan relative lebih aman.Maka,dijadikanlah Merou sebagai pusat kerajaan Meoritic dari tahun 300 SM-300M.Pada masa inilah didirikan banyak bangunan-bangunan di Meroe termasuk pyramid-pyramid dengan kuburan-kuburan para ratu dan raja di dalamnya.Disebutkan, lebih dari 40 pyramid yang merupakan kuburan para ratu dan raja Meroetic yang di kuburkan di Meroe. Hanya saja,pyramid-pyramid di Meroe ini tidak setinggi pyramid-pyramid di Mesir.Tinggi pyramid di Meroe hanya sekitar 6-30 m,dengan lebar mencapai 8m,sedangkan pyramid di Mesir 5 kali lebih besar dari pyramid di Sudan.

Turis domestik yang datang melihat pyramid di Meroe


Pada abad 19 dan 20 beberapa arkelologist mengadakan penelitian pada pyramid-pyramid ini, ditemukanlah beberapa pyramid yang di dalamnya ada mangkuk-mangkuk,busur-busur panah, kotak-kotak kayu dan artefak-artefak lainnya yang menguatkan adanya hubungan perdagangan antara Meroitic dan Mesir. Hal ini menunjukkan bahwasanya dari segi sejarah, antara Sudan dan Mesir telah terkait satu sama lain,baik dalam hal ekonomi,militer,politik maupun kebudayaan. Demikianlah uraian tentang Menelusuri Jejak Pyramid di Sudan dari www.dianovaanwar.blogspot.com semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar