Minggu, 23 September 2012

3 BangunanTertinggi di Riyadh

 
Kingdom Center

www.dianovaanwar.blogspot.com Riyadh yang merupakan ibukota negara Saudi Arabia, memiliki beraneka ragam gedung-gedung pencakar langit yang megah,diantaranya adalah Kingdom Center,Al-Faisaliyah Center dan Riyadh TV Tower.Berikut ulasaannya:
 
1.Kingdom Center atau Burj al-Mamlakah yang dibangun pada tahun 1999-2002 dengan arsiteknya Ellerbe Becket adalah sebuah menara yang mencapai ketinggian 302.3 m dan berdiri di atas area seluas 94,230 m persegi yang dimiliki sebuah group dari berbagai perusahaan, termasuk perusahaan yang dimiliki oleh pihak kerajaan Saudi Arabia,yang dipimpin oleh al-Waleed bin Talaal,seorang pangeran dari kerajaan Saudi Arabia. Proyek menara yang menghabiskan dana sekitar 2 milyar Riyal S.A ini,ditangani oleh perusahaan El-Seif Engeenering Contracting. Menara yang berlokasi di jalan al-Urubah,diantara Jalan King Fahd dan Jalan Olaya, Riyadh ini memiliki 99 lantai dan 2 basemen;3 lantai diantaranya berfungsi sebagai pusat perbelanjaan dan merupakan pusat perkantoran daripada perusahaan Kerajaan.Di malam hari, Kingdom Center disinari dengan lampu yang berganti-ganti warna.
 
2.Al-Faisaliyah Center atau Burj al-Faisaliyah (dibangun pada tahun 1998-2000) adalah gedung pencakar langit pertama yang dibangun di Saudi Arabia,namun menjadi bangunan tertinggi kedua setelah Kingdom Center di Riyadh.Bola emas yang terdapat di puncak menara ini, merupakan wujud inspirasi dari bentuk ujung pulpen ballpoint.Menara yang terdiri dari 44 lantai ini memiliki multi fungsi,diantaranya terdapat sebuah restauran,sebuah pusat perbelanjaan, sebuah hotel dan kantor-kantor dari berbagai perusahaan yang terletak di bagian utama bangunan ini. Arsitek Burj al-Faisaliyah adalah Foster&Partners.
 
 
 
3.Riyadh TV Tower (gbr.kiri),adalah sebuah menara Televisi di Riyadh yang pembangunannya memakan waktu selama 3 tahun,dari tahnu 1978-1981 dan berada disebelah tenggara Kingdom Center.Struktur vertikal menara ini didesain oleh Maurice Novarina,sedangkan struktur besi bajanya didesain oleh Dycerhoff dan Widmann AG. Menara ini berdiri sebagai pemancar televisi pusat yang terdiri dari 5 studio televisi,dan juga pusat penyiaran radio Riyadh yang bersiaran setiap hari dalam 3 bahasa:Inggris,Prancis dan Urdu.
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar