Selasa, 25 September 2012

Landlord yang Baik Hati

Dahulu ketika aku tinggal di India,ceritanya masih muda nih,masih ting-ting lah,saat menimba ilmu strata-2 ku di sebuah kota yang bernama Aligarh-sekitar 3 jam-an dari New Delhi bila naik train-adalah landlord atau pemilik rumah sewaan ku seorang wanita Muslimah India yang sangat baik hati.Kebaikannya itu masih tersimpan dihati dan di ingatanku hingga kini.Bagaimana tidak,setiap hari ia akan menanyakan sama ada aku sudah sarapan atau belum,bila kubilang belum,misalnya kebetulan gas lagi habis,jadinya nggak bisa masak,dia akan mengambilkan sarapan atau makanan untukku.Aku juga heran,ini landlord koq baik amat.Dia selalu tersenyum, nggak pernah merengut,makanya wajar,orang-orang menyangka dia ‘kakak’ anak perempuannya,padahal ia adalah seorang ibu dari 3 orang anak yang sudah remaja semua.di waktu summer,aku nggak punya pendingin ruangan,boro-boro AC,kipas angin pun nggak punya;landlordku meminjamkan kipas anginnya.Meskipun tidak mempan juga ngelawan panasnya udara,tapi perhatiannya sangat aku hargai.Sampai-sampai beberapa mahasiswa Indonesia yang di sana bercanda,jangan-jangan dia mau jodohi kamu dengan anak laki-lakinya”, kubilang,”adaaaa aja….”.
Pada tahun kedua aku pindah rumah,bukan karena ‘slek’ sama landlordnya,biasalah namanya juga student,cari yang lebih murah.Kebetulan ada mahasiswa yang baru selesai dan pulang ke tanah air,jadi aku menggantikannya.Selain lebih murah,tidak jauh dari kampus,dan dekat dengan pasar untuk berbelanja kebutuhan harian, atau bisa beli capeti dan kari, atau nasi biryani kalau lagi nggak sempat masak, sepulang dari kampus.Tahukah anda apa yang dilakukan landlord ku yang baik hati tadi?Dia tidak marah,dan dapat memahami alasan kepindahanku, sebab kujelaskan lebih dekat ke kampus.Malah,dia datang menengokku di rumah sewa yang baru.Baik nggak tuh? Dia menanyakan bagaimana keadaanku.Mungkin dia sudah menganggapku sebagai anaknya.Di kemudian hari,ketika aku melanjutkan studiku ke strata-3,ku sempatkan mampir kerumahnya walau sebentar pada saat aku ke Aligarh untuk mencari buku-buku berkenaan researchku.Dia sangat bahagia dan terharu.Sungguh aku sangat merindukannya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar