Senin, 03 Juni 2013

5 JENIS TERONG Beserta Masing-Masing Khasiat - Manfaatnya


Terong Belanda (Foto: Wikipedia)
www.dianovaanwar.blogspot.com Terong atau terung banyak dikenal secara umum sebagai salah satu jenis sayur-sayuran, meski sebenarnya tanaman ini secara ilmu botani termasuk ke dalam jenis buah-buahan.Terong yang termasuk ke dalam family solanaceae ini diduga kuat berasal dari asia,terutama dari India,kemudian pada abad ke 5 tersebar ke China.Disebut eggplant (dalam bahasa Inggris) dikarenakan bentuknya yang menyerupai telur dan bagian dagingnya yang berwarna putih.Namun,tahukah anda,ternyata terong termasuk ke dalam golongan berry?Ini disebabkan terong memiliki banyak biji kecil seperti halnya buah-buahan berry.Selain itu, kenyataan unik lain yang didapati pada terong adalah adanya kandungan nikotin dalam bijinya.Terong juga ‘berkerabat’ dengan tomat dan kentang.       
 
Terong memiliki banyak jenis, bentuk dan warna.Di Indonesia ada sedikitnya 5 jenis terong yang populer digunakan sebagai bahan masakan dan jus buah-buahan.Berikut ke 5 jenis terong tersebut beserta masing-masing khasiatnya:
 
1.Terong Telunjuk
 
Dinamakan terong telunjuk dikarenakan bentuknya yang menyerupai jari telunjuk.Terong yang memiliki nama ilmiah Solanum Melongena ini banyak terdapat di pulau Sumatera.Di Medan, terong ini dapat digunakan sebagai variasi sayuran dalam memasak tauco udang atau tauco sayur kacang panjang.Dapat juga dimasak gulai bersama dengan kentang dan telur.
 
 
Khasiat Terong Telunjuk
 
Setiap 100 gram terong telunjuk mengandung sekitar 1,75 gram protein yang berkhasiat untuk pertumbuhan tubuh; 5,65 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai penghasil tenaga.Selain itu didalam terong telunjuk juga terdapat kandungan serat yang dapat mencegah sembelit, kandungan kalsium yang dapat menguatkan gigi dan tulang serta adanya kandungan vitamin C di dalamnya. Kandungan beta karoten  dalam terong telunjuk berkhasiat untuk menyehatkan mata, garam galiannya sangat bermanfaat bagi metabolism tubuh serta adanya juga kandungan fosfor di dalamnya.Terong telunjuk juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda batuk, caranya adalah dengan merebus terong telunjuk kemudian meminum air rebusannya 1-2 kali sehari.Terong telunjuk ini pun dapat dibakar dan disapukan ke kulit yang luka.
 
Khasiat Akar Terong Telunjuk
 
Akar tanaman terong telunjuk pun ternyata dapat dimanfaatkan dalam mengatasi asma atau rasa lelah,yakni dengan merebus akarnya dan meminum air rebusannya.
 
Khasiat Daun Terong Telunjuk
 
Daun terong telunjuk dapat dirasakan khasiatnya dengan merebus 3-4 helai daunnya dan 2 gelas air kemudian air rebusannya dapat digunakan untuk mencuci mulut dan berkumur-kumur.Ini adalah cara untuk meredakan sakit gigi,gusi bengkak dan radang mulut.
 
2.Terong Belanda
 
Terong Belanda yang lebih populer di dunia barat dengan nama Tamarillo, merupakan tanaman dataran tinggi dengan suhu berkisar antara 20-27 derajat celsius. Meski terong dikenal di Indonesia dengan sebutan terong Belanda, bukan berarti asalnya adalah dari negeri kincir air tsb. Terong Belanda berasal dari daerah Amazon-Amerika Latin namun diperkenalkan ke Indonesia oleh orang Belanda, oleh karena itu lebih dikenal dengan nama Terong Belanda.
 
 
 
Rasa terong Belanda agak asam, ketika belum matang berwarna hijau dan ketika masak berwarna kuning kemerah-merahan.Bentuknya menyerupai telur namun runcing diujungnya.Daging buahnya mengandung banyak sari buah, daging buahnya inilah yang dimanfaatkan dalam pembuatan jus dan sirup.Es Martabe adalah salah satu jenis es khas orang Medan yang diramu dari bahan utama terong Belanda dan buah markisa.Sirup terong Belanda juga sangat digemari terutama disajikan pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan bersama dengan air es.Selain itu,buah terong Belanda ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu buah “ulekan” rujak kolam Medan. Bila buah terong Belanda ini masih muda atau berwana hijau,dapat dijadikan sebagai lalapan.   
 
Terong Belanda sangat berkhasiat bagi kesehatan, antara lain:
 
- Pro-vitamin A yang dikandungnya sangat baik untuk kesehatan mata
–Adanya vitamin C didalam buah ini dapat mencegah sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh –Kandungan seratnya dapat mencegah sembelit dan kanker
–mineral yang ada didalamnya seperti potassium, fosfor dan magnesium berkhasiat untuk membantu pertumbuhan tulang
–Mengandung antosianin yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu daya tahan tubuh menjadi lebih baik
 
3.Terong Ungu
 
Jenis terong ini adalah jenis terong yang paling terkenal diantara jenis-jenis terong yang lain.Walau bentuknya beragam,namun warna ungu yang ada pada terong ini ternyata menyimpan khasiat yang sangat banyak, yaitu:
 
-Pencegah kanker, ini didapati dari kandungan phycocyanin dan resveratrol-nya
–Antioksidan, seperti halnya terong Belanda, di dalam terong ungu pun mengandung antosianin yang dapat berguna sebagai antioksidan
Sangat bermanfaat bagi diabetesi;berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, mengkonsumsi terong, termasuk terong ungu secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah pada diabetesi.Ini juga didapatkan dari antosianin yang ada didalamnya
–Baik bagi penderita jantung atau menurunkan resiko terkena serangan jantung; resveratrol yang ada ada di dalam terong ungu merupakan komponen alami yang dapat mencegah penyakit jantung, sedangkan komponen  Salicylates nya bermanfaat untuk menurunkan resoki terkena serangan jantung
–Menurunkan kolestrol, ini didapatkan dari kandungan seratnya
–Mencegah stroke dan menghambat pertumbuhan tumor; ini didapatkan dari kandungan  Ellagic Acid dan resveratrol nya
–Mengandung berbagai Vitamin; vitamin yang terbanyak terdapat dalam kulit ungu terong ini adalah vitamin B kompleks.Vitamin lainnya adalah vitamin A,C,E,K dan D. Riboflavin (vitamin B2) bisa didapat dari terong ungu, yang bermanfaat unutk membentuk sel-sel darah merah,sum-sum tulang dan sistem syaraf sehingga dapat mencegah anemia,riboflavin sebenarnya agak sulit diperoleh dari tumbuhan lain. Kandungan vitamin B3 atau niasin berefek menenangkan sehingga dapat mencegah stress
-Mencegah terjadinya anemia; sehingga sangat baik bagi ibu hamil dan anak-anak yang masih dalam pertumbuhan; ini didapatkan dari zat besi yang dikandungnya
-Mencegah penyakit gondok dan infertilitas (meningkatkan libido)ini diperoleh dari kandungan selenium nya.
 
Salah satu jenis terong ungu adalah terong Jepang, dinamakan demikian karena sering digunakan pada kuliner Jepang seperti masakan tempura.Terong ungu dapat digoreng atau disambal (sambal terong).
 
4. Terong Putih
 
Jenis terong ini baru populer di Indonesia 5 tahun terakhir ini.Secara fisik,terong putih tidak jauh berbeda dengan terong ungu,hanya saja kulitnya berwarna putih, rasanya sedikit manis, tekstur buahnya renyah dan empuk, sehingga sangat cocok  diolah menjadi manisan.Terong putih yang juga dikenal dengan sebutan terong Kania merupakan varietas terong hibrida.Jenis terong ini dapat tumbuh di lahan dengan ketinggian hingga 1200 m dari permukaan laut dan sangat cocok dibudidayakan di tanah lempung berpasir,kaya bahan organik,subur  dan memiliki pengairan yang bagus.
 
Diantara kelebihan terong putih adalah tingkat produktivitasnya yang relatif tinggi dibandingkan dengan jenis-jenis terong yang lain.Terong putih sangat diminati di pulau Kalimantan.
 
5.Terong Pipit
 
Terong pipit atau terong mini memiliki ukuran yang sangat kecil dibandingkan dengan terong-terong lain.Bentuknya bulat kecil dan berwarna hijau dan merupakan tumbuhan liar. Orang Medan menyebutnya chepoka,orang Minang menyebutnya rimbang.Walau ukurannya mini, khasiatnya jangan ditanya.Terong ini dapat menyehatkan mata,mengandung sedikit zat besi,vitamin A,C dan B1.Selain itu di dalam terong pipit juga terkandung 2% protein, 0.1% lemak, 7,9 karbohidrat dan banyak mengandung fosfor.Diantara masakan yang menggunakan terong pipit adalah masakan tauco dan daun ubi tumbuk.Untuk jenis masakan yang terakhir ini merupakan kuliner khas orang Tapanuli Selatan (salah satu daerah di Sumatera Utara). 
 
Selain buahnya,akar terong pipit juga dapat dimanfaatkan,diantaranya untuk mengobati tumit kaki yang  pecah-pecah,meredakan sakit perut, penawar racun ular dan serangga serta dapat mencuci darah dengan meminum air rebusannya.   
 
Bila anda membeli terong, belilah terong yang segar dengan permukaan kulit mengkilat, tidak layu dan keras, agar semua manfaat dan khasiatnya bisa didapat.Hindari membeli terong yang permukaannya terdapat bintik-bintik kecoklatan dan terlalu lembek bila ditekan dengan jari.Untuk memastikan bijinya tidak kering, ketuk-ketuklah kulitnya dengan buku jari.Jika bunyinya kosong jangan dibeli.Terong mudah busuk dan pahit, oleh karena itu simpanlah di lemari pendingin, bungkus dengan plastik.Terakhir, hindari memakan terong secara mentah, karena terong mengandung racun solamine yang dapat menyebabkan alergi,karenanya yang terbaik adalah dengan cara memasaknya lebih dahulu sebelum mengasupnya.
 
 

14 komentar:

  1. Terong Mini yang dimaksud dalam tulisan ini kayaknya bukan seperti Mini yang saya miliki aeperti yang pernah ditulis di Harian Memorandum. terong Mini yag dimuat disitu rasanya pahit, semasa muda berwarna hijau,berubah warna kuning ketika masak. Rasanya pahit dan sangat manjur untuk mengontrol gula darah penderita diabates. Muhadjir, Jember

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga punya warna kuning klo matang untuk pengidap diabet kontrol gula darah ....

      Hapus
  2. Terimakasih atas infonya,,,
    Saya akan mengembangkan terong mini .
    YADI SEBASTIAN
    BOJONEGORO

    BalasHapus
  3. Mksh info nya. Oya di tapanuli selatan khususny sipirok, terong pipit lebih sering di sebut rimbang drpd cepoka.

    BalasHapus
  4. Antara jenis terong yg sy masih BELUM menikmati ialah terong Putih @Bulat & terong Belanda... Terong Telunjuk & Terong Pipit@ Rimbang kegemaran sy.

    BalasHapus
  5. terong pari itu seperti apa ya ???

    BalasHapus
  6. bagaimna mengatasi layu pda bagian ujung batang terong?

    BalasHapus
  7. Kami mau tanya apakah kasiat dari akar singkong yg di rebus itu bisa di sembuhkan bagi orang yg terkena gigitan anjing yg rabies..

    BalasHapus
  8. Terong Pipit ini di kampung saya Minang (Sumbar) namanya Rimbang di Sunda Namanya Takokak. Itu tambahan dari Saya

    BalasHapus
  9. Cara mengatasi pucuk layu atau mati saat pertumbuhannya baru angkat dewasa

    BalasHapus
  10. Terong yang saya maksud adalah,terong yang buahnya seperti terong pipit tapi pohonnya kecil,kira kira tingginya 30cm daun dan kelopak buahnya berduri

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum salam sejahtera warga groupπŸ“’
    πŸ’ Sy nk mintak tolong viralkan berita baik ni yeπŸ“’πŸ˜‰

    1) Ni berkenaan kisah hidup pesakit lutut kronik dan masalah saraf sendi2 dan juga kisah hidup pesakit kanser stage 1 sampai stage 4, pesakit asma kronik dan juga produk yg berpatutan harga nya tapi kesannya setanding ubat harga mahal ribuan ringgit.

    2)Dah ramai yg sembuh dengan penawar herba beliau. Kanser yg sudah merebak ke organ-organ lain pun boleh diubati insya Allah.☺πŸ‘πŸ»

    3)Pengamal perubatan herba ni dah banyak pengalaman berdepan dengan pesakit2 kanser,sakit saraf,sakit lutut dan asma. Ramai yg dh pulih.

    4)Mcm2 kanser blh rawat termasuk leukimia,paru2,limfoma dll.


    5) Puan Rasmani Binti Md Noh psakit lutut kronik yg terpaksa jalan mengesot esot atas lantai dan klau cuba berjalan secara berdiri boleh dengar lutut berbunyi bunyi tulang yg sangat sakit. Hendak masak terpaksa gunakan kerusi sebab xmampu berdiri lama2 dan lepas 6 hari minum dah mampu berjalan lancar dan saraf kaki dah tak tegang dah. Mampu masak berdiri semula. Kesan sangat cepat baru 6 hari minum.

    Sy share melalui pengalaman sy sendiri yg mengikuti perkembangan pejuang2 kanser ni....sy sendiri pun guna produk die (jus herba) dah 5tahun setia walaupun sembuh terus juga minum sebagai supplement.

    Jadi skg ni sy rsa perlu share berita ni buat semua supaya masih ade harapan bg mereka yg tercari2 penawar kanser yg tepat .πŸ’ͺ🏼

    ▪Adik Luqman -kanser GIST-Anoerectal Tumor
    Skg sudah sembuh dari kanser.
    ..........................................................................
    ▪️Pn. Hayati Abd Hamid- Pensyarah Kanan UITM, kanser payudara stage 4.
    Skg dh sembuh dn shat walau pon pernah diberitahu oleh doktor yang beliau hanya mampu bertahan 1 tahun saja untuk hidup. Beliau setia dengan jus herba ini selama lebih 6tahun.
    Beliau mengarang sebuah naskah/buku yg mengisahkn pengalaman beliau sepanjang perjuangannya melawan kanser dengan mengambil jus herba ini sebagai salah satu rawatan alternatif (nk buku nti blh order)
    Terkini (2020): Beliau pernah ditemuramah dlm rancangan Selamat Pagi Malaysia di Tv1 menceritakan tentang perjuangan beliau menempuh kanser dari tahap 4 hinggalah sembuh.
    ………………………………………………………………………....
    ▪Adik Izzat b.muhd Ariffin ,kanser Burkit Lymphoma stage 4 sekarang dh sembuh
    Guru nya memberitahu beliau x pernah nampak seperti pengidap kanser tahap 4, kerana sentiasa nampak cergas dengan pengambilan jus yang memberi tenaga dan merawat.Beliau mengambil jus herba ini dr kanser tahap 4 sehingga sembuh.
    ..........................................................................
    ▪Puan Musriharni pesakit asma kronik sejak kecil yang terpaksa menggunakan healer setiap hari. Beliau juga pesakit gastrik kronik(GERDyang menyebabkan berangin satu badan sehingga terasa ke pinggang. Perut membuncit dan mengeras kerana terlampau banyak angin sampai sesak nafas dan anxiety akibat nya menggigil dan seram sejuk.
    Sekarang kesihatan Alhamdulilah semakin baik, gastrik dan anxiety dah takde dan asma pun tak perlu guna healer lagi. Paru2 dah elok semula.
    ..........................................................................
    ▪Puan Rohana Binti Ismail seorang yang cergas dan aktif dalam mendaki gunung termasuk gunung Kinabalu dan lain2 gunung di Malaysia tapi sejak sakit bengkak lutut, segala aktiviti lasak terpaksa dilupakan sehingga nk turun tangga di ofis pun terpaksa turun bagaikan ketam turun tangga sebab lutut bengkak. Setelah minum jus ini, dalam masa 1 minggu saja kaki beliau dah sembuh semula. Bengkak dah surut dan dlm msa 2 mingu saja mampu berjoging kembali, naik bukit dlm 8km jauh nya dah tak sakit2 dah lutut.
    ..........................................................................
    Call order wasap@call- En mohd zuhairi- 0174687570

    BalasHapus