Minggu, 02 Juni 2013

5 Top World News In This Week


www.dianovaanwar.blogspot.com Berikut adalah kilasan 5 berita terpopuler dunia di minggu ini dimulai dari urutan ke 5:
5.Seorang bayi di China berhaasil diselamatkan setelah ibunya melahirkan di toilet. Pada awalnya diduga,sang ibu melakukan aborsi, namun ternyata si ibu kurang mengetahui pengetahuan tentang melahirkan, sehingga ketika saat melahirkan tiba, ia kira lagi kebelet.Bayi yang berjenis kelamin laki-laki ini telah dibawa ke rumah sakit dan sehari setelahnya seorang wanita berumur 22 tahun mengakui sebagai ibunya.
4.Oklahoma, lagi dihantam Tornado
Selang 2 minggu dari Tornado lalu yang menerpa Oklahoma, dengan memakan korban 24 orang, puluhan orang luka-luka serta ratusan rumah hancur plus beberapa fasilitas umum seperti sekolah dan pusat perbelanjaan mengalami kerusakan parah serta padamnya aliran listrik, maka kemarin Oklahoma dihantam kembali oleh tornado dengan menelan korban sekitar 8 orang.Dalam 2 tahun terakhir ini, negeri paman Sam tsb telah ditimpa begitu banyak bencana,mulai dari badai pasir, hujan salju, banjir di New York, kebakaran di Texas dan yang terakhir adalah angin Tornado.
3.Aksi kekerasan kembali terjadi di Myanmar, lebih tepatnya di daerah Lashio,Myanmar, dengan dibakarnya masjid,rumah-rumah penduduk Muslim serta toko-toko milik mereka.Ironisnya, para muslim Rohingya di Lashio ini menjadikan biara Buddha di Lashio sebagai tempat mengungsi mereka,berlindung dari tindakan kekerasan  orang-orang Buddha yang dipimpin oleh beberapa biarawan Budhha di sana.Dengan menjadikan biara sebagai tempat mereka bernaung, muslimin Rohingya ini bukan hanya terhindar dari aksi kekerasan namun juga dikasih makan.Ehm…menyedihkan ya…..negara-negara lain, baik dalam wadah NGO ataupun badan-badan dibawah PBB seperti badan internasional untuk pengungsi,anak-anak ataupun makanan,bukannya tidak mau membantu, namun semua akses bantuan kemanusiaan ditutup oleh pemerintah Myamnar. Beberapa waktu lalu,sekitar 40 orang Myanmar mati di lautan ketika badai terjadi,mereka sedang berada di tengah lautan,sedang menuju negara lain.Hanya 1 orang yang hidup. Sebelum peristiwa Lashio ini terjadi, 2 minggu lalu, telah terjadi pembakaran atas rumah-rumah Muslim rohingya di Yangoon,salah satu kota besar dengan penduduk muslim nya yang juga lumayan banyak.
2.Rusia mengirim rudal 300 ke Syria untuk pemerintah Ashad.Jenis rudal ini dapat menempuh jarrak sekitar 200 hingga 300 km jauhnya.Pengiriman ini dilakukan setelah negara-negara Eropa mencabut embargo terhadap pihak opisisi di Syria.Rusia menilai negara-negara Barat yang juga didukung oleh AS,tidak menginginkan adanya perdamaian.Pengiriman rudal ini juga berlangsung setelah tidak adanya titik temu antara pihak oposisi dan pihak rezim setelah mengadakan pertemuan di Istanbul.Pihak oposisi terbagi kepada dua suara, satu pihak menginginkan Syria berlandaskan  syar’i Islam,dan satu pihak menginginkan Syria berbentuk negara sekuler.Pemboikotan pun dilakukan pihak oposisi untuk tidak bersedia memenuhi himbauan pembicaraan perdamaian di Jenewa, setelah secara jelas sebanyak 7000 para pejuang Hizbullah dari Lebanon ikut berperang di Syiria. Pada awalnya Hizubullah tidak mengirimkan para pejuangnya sebanyak ini,namun pasca dibomnya daerah basis Syi’ah dan Hizbullah di Beirut, pimpinan Hizbullah meradang.Asad mendapat “supply” bantuan pejuang Hizbullah terutama untuk mempertahankan daerah Qusair,daerah yang strategis, perbatasan Syria dan Lebanon dan bantuan senjata dari Rusia.
Banyak orang berfikir,mengapa AS tidak mengirimkan tentaranya ke Syria seperti yang mereka lakukakan terhadap Irak dan Libia serta Afghanistan sebelumnya? Belakangan AS sibuk melobby ke sana kemari terkait masalah Syria ini.Atas tuduhan yang tidak terbukti bahwa Irak memiliki senjata kimia, AS telah menginvasi negara kedua terbesar penghasil minyak di timur tengah itu.Hal pertama yang diamankan oleh para tentara AS ketika mengadakan invasi adalah mengamankan kementrian atau departemen minyak serta ‘sumur-sumur bor’ minyak.Perlu anda diketahui, perusahaan minyak di Irak ketika pemerintahan Saddam Husain telah dinasionalisasikan,artinya seluruh tehnisi atau insinyur dan para pekerja dalam urusan sumber daya minyak,semuanya adalah orang Irak, dan hasilnya pun untuk rakyat Irak. Saddam tidak memberikan celah sedikit pun kepada AS untuk nimbrung mengolahnya (menggunakan tehnisi orang AS). Begitu pula dengan Libia, negara penghasil minyak terbesar di benua Afrika.Atas alasan demokrasi, Amerika menjatuhakn Khadafi.Di dunia ini tidak ada yang gratis.Pengiriman tentara-tentara AS tsb membutuhkan dana, dan sebagai kompensasinya anda bisa tebak sendiri, ya…darimana lagi,sasaran utamanya sebenarnya adalah minyak, si emas hitam…
Lalu bagaimana dengan Afghanistan?Penyerangan ke Afghanistan adalah pasca peristiwa 11 September 2001 (invasi dilakukan sejak tanggal 7 Oktober-14 November 2001), dengan alasan memburu Taliban atau Al-Qaida, AS pun menginvasi negara ini. Bukan rahasia lagi,Afghansitan adalah negara dimana tanaman opium dapat tumbuh dengan subur, tak heran negara ini pun menjadi negara no.1 penghasil opium terbesar di dunia.Di Amerika orang bebas menggunakan benda haram tsb asal tidak untuk diperjual belikan.Mereka juga membutuhkannya untuk dunia perobatan.Nah,tak heran mengapa tentara AS telah lebih dari satu dekade bercokol di negara itu (tentaranya baru akan ditarik ke AS pada akhir tahun 2014).Presiden nya pun sama seperti di Irak dan Libya, “pak turut” kepada AS.Lalu Syria? Negara ini tidak memiliki sumber alam yang berarti, yang pasti ada senjata kimia di sana.Nah,giliran senjata kimia  yang sudah pasti ada, malah takut menyerangnya, atau tidak ada kompensasinya? Sibuknya AS belakangan ini atas situasi di Syria karena memikirkan Israel, yang berbatasan dengan Syria,takut terimbas oleh krisis di negara tsb. Israel pun sekitar sebulan lalu telah  menyerang kota Damaskus,alasannya mengebom pengiriman senjata yang dilakukan Iran kepada Hizbullah. Memang kalau bicara masalah perang di Syria ini, rada rumit.Kalau saja presidennya tidak terlalu mencintai kekuasaan,tidak sampai banyak korban yang jatuh, mengungsi,serta negara yang pernah menjadi pusat peradaban Islam dimasa Daulah Umayyah ini dalam kondisi hancur luluh lantah begitu.
1. Top news di minggu ini adalah aksi demonstrasi di Turki. Lagi panas-panasnya beritanya sekarang. Pada awalnya demonstrasi hanya terjadi di kota Istanbul,namun hari ini (Sabtu) aksi protes telah meramba ke kota Ankara.Protes ini digelar dikarenakan pemerintahan Turki hendak mengeluarkan peraturan pembatasan dalam meminum alkohol.Orang-orang yang mendemonstrasi merasa kehidupan pribadi mereka semakin dibatasi, mereka katakan Turki adalah negara sekuler bukan negara Islam.Para demonstran merasa Turki telah digiring sedikit demi sedikit menuju negara yang berdasarkan asas Islam.Perdana Menteri Turki sendiri,Recep Tayyep Erdogan, yang berasal dari partai Keadailan dan Perkembangan menyatakan bahwa mayoritas rakyat Turki berada di belakangnya. Ehm…untuk hal yang baik kenapa protes sampai besar-besaran begitu ya???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar