Rabu, 13 Maret 2013

Epipremnum Aureum, Tanaman Merambat Hijau Terpopuler


www.dianovaanwar.blogspot.com Anda tentu sudah pernah atau sering melihat tanaman merambat yang satu ini, ya Epipremnum Aureum itulah nama tanaman  merambat hijau ini. Saya katakan populer, sebab di beberapa negara yang pernah saya kunjungi dan mukimi, saya tetap mendapati tanaman ini.Epipremnun Aureum (Epi-Aur- biar mudah mengingatnya- red.pent) merupakan tanaman merambat yang terdiri dari dedaunan hijau tanpa bunga. Berasal dari species tanaman dari keluarga Araceae, habitat aslinya memanjang dari Australia utara melalui Malaysia dan Indonesia ke India,China dan Jepang.Spesies ini telah menjadi naturalisasi di hutan tropis dan sub-tropis di seluruh dunia.Kehijauan daun epipremnum aureum menjadikannya sebagai tanaman yang efisien dalam menghilangkan polutan di dalam ruangan seperti formaldehida, xylene, dan benzene.       
 
Epi-aur sebagai tanaman rumah yang dapat tumbuh hinnga  ketinggian  2 meter ini juga sangat-sangat gampang tumbuh dan dalam perkembangbiakannya atau memperbanyaknya juga tidaklah sulit, hanya dengan mematahkan batangnya yang tua lalu ditanam, ia dapat hidup di tanah maupun di air.Selain itu, epipremnum aureum juga beraneka jenis; ada daunnya yang berwarna hijau tua dengan ukuran sedang, ada daunnya yang berwarna hijau tuam berkombinasi dengan putih kekreman,ukurannya agak besar.Jenis yang lain berwarna hijau tuam dan berkombinasi dengan kuning pucat, ukurannya lebih besar lagi. Meskipun memiliki warna dan ukuran yang berbeda, namun bentuk daunnya memiliki persamaan, yakni sama-sama berbentuk hati (love).         
 
Tanaman epipremnum aureum dapat diletakkan baik di out door maupun di indoor.Anda dapat meletakkannya mulai dari pagar tembok (merambat dan menghiasi tembok), pekarangan, beranda, ruang tamu, dapur, kamar, ruang kerja, sampai dengan dapur dan kamar mandi, hebat nggak tuh? Tak heran tanaman ini juga menjadi salah satu tanaman favorit di kantor-kantor dan di bank-bank. Bila ingin meletakkannya di sudut ruang tamu, anda tinggal menanamnya di pot ukuran sedang dengan memacangkan sebuah kayu sedang ditengah-tengahnya, sehingga ia dapat tumbuh menjalar.Bisa juga memasukkan batangnya ke dalam vas bunga putih kristal (transparan) dengan berisi air di dalamnya.Di dapur atau kamar mandi, anda dapat menggunakan botol-botol bekas atau bekas tempat selai roti yang terbuat dari kaca, dicuci bersih, lalu dipergunakan sebagai pot tempat tumbuhnya dengan diisi air tentunya.Airnya digganti saban hari atau per dua hari. Epi-aur juga salah satu tanaman merambat yang paling sering digantung. Keindahannya  sangat tampak ketika ia tumbuh merambat menjurai.      
 
Perawatan Epipremnum aureum cukup hanya dengan memetik daunnya yang sudah tua (biasanya berwarna kuning) dan memangkas akar-akar tua yang tumbuh disepanjang batangnya. Pemangkasan ini dimaksudkan agar tanaman merambat ini tetap terlihat segar.Penyiramannya cukup sekali, dengan kuantitas air sedang. Sirami juga dedaunannya, sehingga daunnya juga tetap terlihat segar. Bila batangnya panjang anda dapat mematahkannya dan mencucukkannya ke tanah atau ke dalam air. Cara yang lain adalah dengan melilitkannya, terutama bila digantung, dengan begitu akan terlihat rimbun dan dari lilitan tsb akan tumbuh akar-akar baru pada batang dan menjuntai seperti tanaman induknya.Nah, bila anda belum pernah menanam tanaman merambat yang satu ini, anda dapat mencobanya dimomen lebaran tahun ini. Tidak perlu membeli, karena cukup hanya dengan mematahkan batangnya yang tua untuk ditanam.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar