Senin, 13 Agustus 2012

Aneka Khasiat Daun dan Buah Tîn

Pohon dan Buah Tin



www.dianovaanwar.blogspot.com Buah tin adalah buah yang disebutkan Allah dalam Surah at-Tin ayat pertama.Buah ini adalah buah yang paling produktif, berbuah di sepanjang tahun tanpa mengenal musim.Selain itu,buah tin adalah buah yang unik,ia berbuah,tapi tidak berbunga.Dan makin hitam buahnya,maka makin manislah rasanya.Pada awalnya, buah ini banyak terdapat di daerah Syam (Siria), namun seiring dengan perkembangan zaman buah ini juga mengalami perkembangannya, sehingga pada saat sekarang ini kita mengenal beraneka ragam jenis buah tin. Diantaranya adalah tin Jordan,tin ungu,tin brown Turkey,red Palestine,red Turkey negronne, black Turkey Libya, black Ischia, long yellow, Panace tiger dan flanders.(Gbr.atas:Buah tin Brown Turki)
 
Mengingat banyak manfaatnya,di Indonesia, buah ini sekarang sedang di budidayakan,seperti di daerah Jakarta Timur dan Jawa Timur.Di tempat-tempat ini anda akan mendapati pembibitan buah tin,pohon buah tin dan kursus serta penyuluhan penanaman buah tin.Namun tidak semua jenis buah tin ada, hanya ada 6 jenis, yaitu tin Jordan,tin ungu,red Palestine, brown turki,libya dan black turki.Sebenarnya apa sih manfaat buah tin ini? Sampai-sampai kita pun mau membudi-dayakannya!? Sebelum berbicara masalah manfaat buah tin, akan diuraikan secara singkat manfaat dari daunnya.Lha,koq? Ya…ternyata daun buah tin sangat berkhasiat,diantaranya bermanfaat untuk:
·Mengobati batu ginjal (kencing batu)
·Diabetes
·Asam urat, Caranya adalah dengan merebus 5 daun tin,kemudian meminum rebusan airnya.
(Gbr.kiri dan bawah: pohon tin yang dibudidayakan di Indonesia)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Adapun khasiat buah tin adalah:
-Omega 3 dan omega 6 yang ada dalam buah tin dapat mencegah jantung koroner dan tekanan darah tinggi-kandungan coumarin yang ada dalam buah tin dapat mengurang resiko terkena kanker prostat-kalsium yang ada pada buah tin dapat mencegah Osteoporosi
-Adanya kalsium pada buah tin dapat dijadikan asupan alternative bagi orang yang alergi minum susu, yang mana kalsium memebentuk kepadatan tulang-antioksidan yang ada pada buah tin dapat mencegah segala jenis kanker-trytophan nya dapat menghilangkan insomnia atau susah tidur
-pektin-nya dapat mengurangi kolestrol-Serat pada buah tin dapat mengurangi berat badan
-jika dikonsumsi secara teratur,dapat mencegah kanker payudara dan kanker usus besar
-mengurangi kelelahan,meningkatkan daya memori otak dan mencegah anemia
-zat penol dan benzaldehid pada buah tin dapat mencegah tumor dan dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit,jamur dan virus pada tubuh manusia.
 

Ehmm,gimana? Banyak kan manfaatnya? Umumnya orang Indonesia mengkonsumsi buah ini dalam bentuk racikan kering yang diawetkan. Para Jama’ah Haji Indonesia yang pulang ke tanah air membawa buah tin kering sebagai obat atau pun oleh-oleh untuk kerabat.Di Turki,buah tin dibuat sebagai bagian dari Viagra,yang dicampur dengan kacang almond; dimaksudkan untuk menjaga stamina,khususnya bagi pria yang telah berumah tangga.Di Saudi Arabia buah in, buah tini dijadikan kering kemudian dijual dalam bentuk manisan. Demikanlah uraian tentang Multi Khasiat daun dan buah tin dari www.dianovaanwar.blogspot.com semoga bermanfaat.
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar