Sabtu, 28 Juli 2012

1 Bernilai 10

Di bulan Ramadhan banyak amalan-amalan sholeh yang dapat kita lakukan, diantaranya adalah membaca Al-Qur’an.Anda belum lancar membacanya? Jangan buru-buru patah semangat, justru orang yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an akan mendapatkan pahala “double” dibanding orang yang bacaannya sudah baik. Nggak percaya? Ini dia haditsnya dari Asiyiyah r.a, “Rasulullah SAW bersabda,”Orang yang membaca Al-Qur’an dengan baik, niscaya ia bersama malaikat yang bertugas mengantarkan risalah (untuk manusia) yang mulia lagi baik, dan orang yang membaca Al-qur’an dengan terbata-bata, ia membacanya dengan sangat sulit, baginya dua pahala” (HR.Muttafaq ‘Alaih). Hadits ini menunjukkan bahwasanya orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata akan berusaha untuk dapat membacanya dengan baik,usahanya inilah yang dinilai berpahala. Sehingga ia mendapat pahala dari membaca Al-Qur’an dan pahala dari usahanya untuk membaca dengan benar.

Bila seorang Muslim tahu berapa besarnya pahala membaca Al-Qur’an, niscaya ia akan mengganti nyanyian Ayu Ting Ting atau lagu Pasya Ungu dengan senandung Al-Qur’an.Bayangkan satu huruf saja bernilai 10, dari Ibnu Mas’ud r.a, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,” Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka untuknya satu kebaikan dan satu kebaikan digandakan menjadi sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan Alif Laam Miim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tarmidzi).

Yuk kita membaca Al-Qur’an dengan terjemahannya, sehingga kita tahu apa yang kita baca. Jangan karena mengejar target khatam selama bulan Ramadhan ini, tapi tak satu ayat pun yang kita pahami maksudnya. Hiasi juga hari-hari kita dengan Al-Qur’an pasca Ramadhan, tidak perlu banyak-banyak, yang penting kontiniu.Dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata,”Rasulullah Saw bersabda,” Sesungguhnya orang yang tidak ada di rongga dadanya satu ayatpun dari  Al-Quran (yang dihafal) seperti rumah kosong” (HR.Tarmidzi).
Semoga tulisan dari www.dianovaanwar.blogspot.com ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar